Inilah 41 Klub Siap Bersaing di Kompetisi Liga 3 - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, May 29, 2017

Inilah 41 Klub Siap Bersaing di Kompetisi Liga 3

Nganjuk, SBTV News - Asosiasi Provinsi Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Jawa Timur (Asprov PSSI Jatim) resmi melaunching 41 tim yang bakal berlaga di kompetisi Liga 3.

Klub asal Kota Surabaya, Mitra Surabaya tergabung di Group B bersama dengan Persekabpas Pasuruan, Persekapro Probolinggo, PSPK Kota Pasuruan, Bayuwangi Putra dan Mitra Bola Utama.

Rencananya, Liga 3 Jatim ini bakal melaksanakan kick off pada 3 Mei mendatang. "Kompetisi ini nantinya akan menggunakan sistem home and away.
Kami berharap dengan terselenggaranya Liga 3 ini Jatim bisa menjadi barometer sepakbola seluruh nusantara dengan ditunjang wasit yang berkualitas," ujar Ketua Asprov PSSI Jatim Ahmad Riyadh, Senin (1/5/2017) di Hotel Garde Palace.

Diakuinya, jumlah yang ikut Liga 3 ini belum semua anggota asprov PSSI Jatim, yakni 60 tim. Namun, tahun ini sudah banyak klub berpartisipasi dan meningkat dibanding sebelum PSSI dibekukan pemerintah, yang hanya 30 tim.

Riyadh berharap jumlah itu bisa terus meningkat dan seluruh tim dapat bergabung di Liga 3.

"Semoga kedepan, Askab/Askot di Jatim memiliki klub dan bisa ikut Liga 3. Sehingga punya tim resmi sendiri. Dengan begitu bisa jelas program pembinaan dari KONI. Begitu juga penggunaan uang APBD untuk pembinaan ini jelas," beber Riyadh.

Liga 3 Jatim ini sendiri memberikan regulasi pembatasan usia 23 tahun. Setiap tim hanya boleh memainkan lima pemain senior, dengan dua pemain berusia 30 tahun.

"Percuma kalau pemainnya buangan dari atas, tidak akan ada pembinan. Karena ini berisi tim amatir yang berhak mendapat uang pembinaan. Tapi kalau diisi oleh pemain buangan dari Liga 1 dan Liga 2, hanya sebagai hiburan saja jadinya," urainya.

Liga 3 ini terbagi menjadi enam grup, yaitu group A berisikan Persewangi 1970, Persid Jember, PSIL Lumajang, PSSS Situbondo, Probolinggo United, Bondowoso Muda dan Assyabaab Bangil.

Kemudian grup B, Persekabpas Pasuruan, Persikapro Probolinggo, PSPK Pasuruan Kota, Banyuwangi Putera, Mitra Bola Utama serta Mitra Surabaya.

Lalu di grup C, Deltras Sidoarjo, Cahaya Muda, Kota Pahlawan Surabaya, Persegres Putra, Sinar Harapan, Pamekasan FC dan Bojonegoro FC

Selanjutnya grup D, Persema Malang, Singosari FC Malang, Persikoba Kota Batu, Blitar United FC, DPFF Malang United, Triple S Kediri dan Persenga Nganjuk.
Lantas di grup E, Arema Indonesia, Persema 1953, Blitar Putra, Perseta Tulungagung, ASIFA Malang, Persiga Trenggalek dan Mojosari Putra.

Yang terkahir group F, Persibo Bojonegoro, Persedikab kediri, PSID jombang, Putra Jombang FC, Bumi Wali FC Tuban, Lamongan FC dan Ngawi FC.