Program PKK Mampu Membuka Peluang Usaha - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, May 29, 2017

Program PKK Mampu Membuka Peluang Usaha

Palangkaraya, SBTV News - Peran aktif pengurus PKK semakin terlihat nyata dalam rangka menjalankan program memberdayakan masyarakat, salah satunya dengan melaksanakan pelatihan menjahit.

Sejauh ini telah banyak, ibu-ibu yang menjadi perserta dari program PKK ini telah mampu membuka peluang usaha baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

“Sampai penutupan ini, kita telah melaksanakan  pelatihan menjahit hingga angkatan 31-32. Dari setiap angkatan, alhamdulillah banyak di antaranya yang sudah berhasil membuka peluang usaha,” kata Ketua PKK Kota Palangka Raya, Hj Norlaina Riban Satia didampingi wakilnya Trisnawidianti Mofit Saptono, Jumat (28/5).

Khusus untuk angkatan 31-32, merupakan peserta mahir yang telah mampu membuat pakaian jadi. Dengan kemampuan tersebut, lanjut  Norlaina, peserta yang merupakan ibu-ibu bisa lebih mandiri dan mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi rumah tangganya.

“Untuk pelatihan menjahit ini, mulai dari tingkat dasar dan mahir. Khusus yang mahir mereka bisa membuat pakaian sendiri. Contohnya seperti yang digunakan mereka dalam penutupan pelatihan menjahit ini,” ujarnya.
Selain memberikan pelatihan menjahit, PKK Kota Palangka Raya juga telah memberikan mesin jahit bagi sejumlah angkatan sebelumnya. Untuk itu, ia  berharap Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya dapat kembali memberikan fasilitas serupa kepada peserta yang mahir dan dinilai rajin.

“Melalui kerja sama Dinas Pemberdayaan Perempuan, sekitar 32 mesin jahit sudah kita distribusikan kepada masyarakat. Semoga bantuan mesin bisa  kembali dilaksanakan guna memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat sebagai upaya menanggulangi pengangguran,” tuturnya. (pri/hms/ram/iha)