Kakorlantas Polri Tinjau Persiapan Arus Mudik Di Simpang Mengkreng - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, June 16, 2017

Kakorlantas Polri Tinjau Persiapan Arus Mudik Di Simpang Mengkreng

Kediri, SBTV News - Dalam persiapan arus mudik Jalur Surabaya-Solo, Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa meninjau langsung salah satu titik kemacetan di Simpang Mengkreng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Simpang Mengkreng merupakan titik yang paling rawan terjadi kemacetan saat mudik.

Menurut Royke bahwa Simpang Mengkreng merupakan jalur yang krusial dan rawan macet, karena ada (pelintasan) rel kereta. "Ini jalur utama sebelum ada tol, tol fungsional pada saat mudik, itu nanti tidak dilewatkan di sini mereka sebagian persen, keluar-keluarnya di Kertosono," jelasnya.

Simpang Mengkreng merupakan persimpangan yang menghubungkan tiga Kabupaten yakni Jombang, Nganjuk, dan Kediri. Di lokasi ini juga ada pelintasan rel kereta api yang rawan terjadi penumpukan kendaraan.

Sementara itu menurut Kapolres Kediri, AKBP Sumaryono mengatakan pihaknya telah menyiapkan langkah-langkah apabila terjadi kemacetan di Simpang Mengkreng saat arus mudik nanti.
  • Pertama, jika terjadi macet dari arah Jombang dan Nganjuk, akan dipasang water barier full yang memuat kedua media jalan, sehingga meminimalkan terjadinya crossing.
  • Kedua jika macet di Simpang Mengkreng, akan dibuat sistem buka-tutup arus lalu lintas sehingga jembatan Kertosono hanya bisa dilalui satu arah bila memungkinkan.
  • Ketiga, selalu koordinasi dengan Polres Nganjuk maupun Jombang dalam rangka pembentukan pos Bajuri (Jombang, Nganjuk, Kediri) untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di simpang empat Mengkreng. 
  • Keempat, membuat pagar betis di sepanjang jalur pertokoan untuk meminimalkan bus yang berhenti, dan membuat pagar betis dari simpang empat Mengkreng sampai jembatan Kertosono.
  • Kelima, mempersiapkan mobil derek standby 24 jam di pos pengamanan Mengkreng untuk mengantisipasi apabila terdapat kendaraan mogok.

Pewarta : Kholiq
Editor : Komarudin