Antisipasi Bencana, BPBD Nganjuk Gelar Latihan Bersama Relawan RAPI - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, July 30, 2017

Antisipasi Bencana, BPBD Nganjuk Gelar Latihan Bersama Relawan RAPI


Nganjuk - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDD) Kabupaten Nganjuk menyiapkan ribuan relawan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam.

Para relawan yang telah dibekali berbagai ilmu pengetahuan pengurangan risiko bencana tersebut akan disebar di setiap kecamatan.

Kepala BPBD Nganjuk, Sukonjono mengatakan, sesuai dengan Undang-undang No 24 Tahun 2007 tentang Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pihaknya diwajibkan menyiapkan antisipasi dan pengurangan risiko bencana alam. Baik itu longsor maupun banjir.

Sehingga, saat ini BPBD Kabupaten Nganjuk giat melakukan pelatihan dan pembinaan terhadap para relawan kebencanaan, termasuk Relawan dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI).

"Antisipasi ini untuk mengurangi risiko bencana. Apalagi beberapa wilayah di Nganjuk rawan bencana alam, seperti banjir dan longsor," kata Sukonjono saat ditemui di ruang kerjanya.

Para peserta pelatihan ini merupakan warga Nganjuk. Sehingga, jika terjadi bencana, relawan itu langsung turun ke masyarakat dengan cepat.

"Para relawan ini juga bertugas menularkan ilmu pengetahuan kebencanaan mereka kepada masyarakat. Terutama soal pengurangan risiko bencana, agar saat terjadi bencana, masyarakat lebih mudah untuk dimobilisasi. Sehingga bisa meminimalkan korban jiwa maupun harta benda," ujarnya.

BPBD Nganjuk juga telah menyiapkan para relawan dari RAPI. Mereka bersama relawan masyarakat akan menjadi inti penggerak penanggulangan bencana.

"Semua relawan ini dibekali materi dan pengetahuan keterampilan penanggulangan bencana. Seperti survival, pencarian korban, penanganan korban bencana banjir dan longsor, serta pengetahuan soal pengurangan risiko bencana," katanya.

Basuki salah satu pengurus RAPI Nganjuk menerangkan, latihan bersama ini di ikuti puluhan anggotanya yang merupakan relawan kebencanaan.

"Mereka melakukan latihan selama tiga hari dengan bebagai materi kebencanaan serta praktik lapangan," ujar pria yang akrab di udara disapa Eka itu.

Sehingga, harap Basuki, jika terjadi bencana alam, pihaknya bersama Relawan RAPI akan selalu siap tanggap menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi bencana.

"RAPI Nganjuk juga memiliki relawan andalan yang bernama Relawan Senopati dan Bolodewo. Mereka ini sifatnya on call, artinya jika sewaktu-waktu terjadi bencana siap diterjunkan dengan cepat. Baik di wilayah sendiri ataupun di wilayah lainnya," ujar laki-laki pemilik callsign JZ 13 ONE.