Hutan di Nganjuk Terbakar, Relawan RAPI Bantu Padamkan Api - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, July 25, 2017

Hutan di Nganjuk Terbakar, Relawan RAPI Bantu Padamkan Api


Nganjuk - Setidaknya dalam tiga minggu terakhir, kebakaran hutan melanda wilayah selatan Kabupaten Nganjuk, Provinsi Jawa Timur.

Sejumlah titik api mulai terdeteksi muncul di kawasan hutan yang masuk wilayah Kecamatan Berbek.

Menurut Basuki atau akrab di sapa Eka, salah satu relawan dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Nganjuk mengatakan, luas wilayah hutan setempat yang terbakar sekitar 4 hektare.


Semakin sore api terus membesar sehingga tim Tagana Nganjuk, BPBD Nganjuk, Relawan RAPI Nganjuk, Polri, maupun TNI langsung menuju titik lokasi untuk melakukan pemadaman secara manual. Hebusan angin yang kencang menjadi penyebab sulitnya melakukan pemadaman

Pria pemilik Call Sign JZ 13 ONE itu juga mencatat, asap kebakaran hutan sempat mendekati jalan raya dan mengganggu pandangan pengguna jalan. Angin kencang juga diwaspadai, mengingat lokasi kebakaran berjarak kurang dari 3 kilometer dari perkampungan warga.

Menurut informasi, penyebab munculnya titik api kemungkinan besar karena sulutan putung rokok.

"Tim gabungan terus meningkatkan kesiagaan agar kebakaran tidak meluas," Ujarnya.

Pria yang juga menjadi pengurus RAPI Nganjuk ini berpesan kepada seluruh elemen masyarakat agar ikut membantu rekan-rekan di lokasi Kebakaran.

Hingga berita ini di turunkan sejumlah relawan RAPI Nganjuk masih bahu membahu memadamkan api.

"Untuk rekan rekan bisa memantau perkembangan kebakaran melalui frekuensi 143.100, Kanal Kordinasi Rapi Wilayah Nganjuk.(Komarudin)