Alegoris Dan Kirab Pusaka Menjadi Tradisi Kabupaten Nganjuk - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, April 9, 2018

Alegoris Dan Kirab Pusaka Menjadi Tradisi Kabupaten Nganjuk



Nganjuk , Radar Merah Putih.

 Pawai alegoris dan kirab pusaka dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Nganjuk ke 1081,di laksnakan Senin 9 April 2018 di alun alun Berbek.

Kegiatan ini merupakan salah satu wujud syukur kita kepada Yang Maha Kuasa karena berkah dan limpahanya sehingga kita masih diberi kesempatan  untuk bertemu dan bersilahturahmi dalam acara peringatan  Hari Jadi Kabupaten Nganjuk ke 1081 ini.

Acara yang sudah menjadi agenda daerah ini merupakan salah satu cara kita melestarikan dan nguri uri budaya peninggalan leluhur kita.
Pawai alegoris dan kirab pusaka ini merupakan kegiatan sakral  yang harus kita laksanakan setiap satu tahun sekali yang tepatnya tanggal 09 bulan april.

Kegiatan ini diberangkatkan oleh Plt Bupati Nganjuk K.H . Abdul Wachid Badrus , namun sebelum kirab diberangkatkan terlebih dulu dilaksanakan upacara adat dan beberapa sambutan.
Plt Bupati yang biasa dengan panggilan akrabnya gus Wachid ini menyampaikan, " dengan acara ini marilah kita tingkatkan silaturahmi ini,  tingkatkan pelestarian budaya yang kita miliki ini,  dan tingkatkan menghormati budaya peninggalan nenek moyang kita "kata gus Wachid.
" Selain itu juga sebagai wujud kekompakan,  gotong royong  seluruh masyarakat nganjuk." imbuhnya.

Selesai upacara,peserta pawai berangkat menuju pendopo Kabupaten Nganjuk,  para pejabat  ibarat punggawa  mereka mengenakan pakaian adat jawa  dengan arak arakan naik andong.
Andong  kuda urutan pertama dinaiki oleh Gus wachid  bersama istri yang selalu menemani.  Andong kedua dan seterusnya di naiki oleh pejabat lainya,  seperti  Kapolres,  Dandim juga kepala OPD se Kabupaten Nganjuk,
Arak arakan alegoris tersebut disambut hangat oleh seluruh lapisan masyarakat Nganjuk yang hadir dalam acara tersebut.  (Adv, Siwi/ Abdul sofyan )