Surya Alam Dukung Pelestarian Kesenian Jaranan



Radar Merah Putih .

 Pertunjukan kesenian kuda lumping atau yang biasa kita sebut jaranan merupakan salah satu kesenian peninggalan nenek moyang kita , oleh sebab itu kesenian jaranan ini harus kita jaga kelestarianya  agar tidak mudah terhapus dan tergeser oleh budaya asing yang hingg saat ini berusaha di negeri ini.
Untuk melestarikanya kita sebagai masyarakat Indonesia kususnya Kabupaten Nganjuk ini mempunyai cara tersendiri , dengan pertunjukan yang digelar ini salah satu cara kita melestarikan seni budaya jaranan.
DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, M Surya Alam mengaku peduli terhadap pelestarian budaya dan kesenian tradisional.

Ia menilai bahwa kesenian tradisional seperti seni jaranan merupakan salah satu potensi dan daya tarik mendatangkan turis ke Indonesia. "Seni Jaranan adalah kesenian lokal yang tak tergantikan dan tidak sedikit wisatawan sangat menyukainya, termasuk turis," ujarnya.

Dia mengaku sangat mengapresiasi seniman-seniman jaranan yang terus berusaha tampil terbaik meski saat ini kurang mendapat perhatian.

Menurut dia, perubahan zaman dan maraknya sinetron serta film di televisi sangat mempengaruhi kehidupan kesenian jaranan yang setiap penampilannya mengedepankan kearifan lokal dengan nilai luhur budaya sangat tinggi.

"Tapi bagaimana pun juga, saya sangat mengapresiasi dan memuji eksistensi kesenian jaranan ini, beserta seluruh pihak yang terus berupaya menjadikan kesenian ini tetap ada," katanya.

Selain itu, Surya Alama mengingatkan kepada para seniman bahwa kesenian asli ini sangat memiliki potensi ekonomis jika dapat dikemas dengan baik.

Terlebih, kata dia, kekhususan atau kekhasannya inilah yang membuat jaranan tidak dapat ditemui di daerah lain, sehingga diharapkan menjadi pemicu pergerakan ekonomi karena sebagai bagian dari pengembangan sektor ekonomi kreatif yang sedang digalakkan pemerintahan Presiden Joko Widodo saat ini.

"Harapannya, dengan keuletan penggiat seni ini, kesenian tradisional semacam jaranan dapat kembali berjaya dan bisa dibanggakan oleh masyarakat," kata

Ke depan, Surya Alam mengaku akan berusaha membantu memecahkan masalah kesenian ini dengan memikirkan bersama para penggiat seni yang ada di Dewan Kesenian Jatim mencari jalan keluar agar kesenian dan budaya Jatim terus dilestarikan. (Siwi)

Post a Comment

0 Comments