Berhasil Lewati LHP dari LKPD, Kabupaten Nganjuk Terima Predikat WTP dari BPK Republik Indonesia





Nganjuk, Radar MP - Melalui Kabag Humas Pemkab Nganjuk,Agus Irianto dalam penyampaiannya,"Upaya peningkatan kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Nganjuk rupanya menuai hasil,hal ini  menerimanya saat menghadiri undangan, Kamis (31/5) bertempat di Ruang Auditorium BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) RI Perwakilan provinsi Jawa Timur, langsung disampaikan kepada Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sudjono menerima Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) untuk Tahun Anggaran 2017. Dalam laporan ini, Kabupaten Nganjuk berhasil mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Laporan tersebut diserahterimakan oleh Pelaksana tugas Kepala BPK Perwakilan Jatim, Ayub Amali, kepada Pj. Bupati dan Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, ditandai dengan penandatanganan berita acara.

Plt Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Jawa Timur Ayub Amali, mengapresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada para Kepala Daerah dan pimpinan DPRD yang tetap berkomitmen mendukung penyelenggaraan keuangan negara dengan baik. "Tujuan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah diharapkan bisa menjadi media penilaian terhadap kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan, terimakasih kepada kepala daerah yang berkomitmen mendukung penyelenggaraan keuangan dengan baik. Terdapat empat kriteria yang dilakukan BPK dalam poses pemeriksaan, diantaranya,
Apakah laporan keuangan sesuai standar akuntasi pemerintahan,
Kecukupan pengungkapan,
Kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan
Efektivitas sistem pengendalian internal," ujarnya.

Ia juga berharap, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah berbasis Aktual diharapkan dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah, sehingga tata kelola keuangan menjadi lebih akuntabel.

Beliau menambahkan, Meskipun telah menerima predikat WTP, ada satu hal yg menjadi perhatian dan menjadi catatan BPK, yaitu pengelolahan aset tetap, yang masih perlu diperbaiki. "Bagi Kabupaten/Kota yang telah menerima predikat WTP, diharapkan untuk tetap meningkatkan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara dilingkungan kerja masing-masing," pesannya.
Penerimaan Laporan Hasil Pemeriksaan oleh BPK RI turut di hadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk, Kepala Inspektorat Kabupaten Nganjuk, Kepala Bappeda Kabupaten Nganjuk, Kepala BPKAD Kabupaten Nganjuk.(Adv/siwi)

Post a Comment

0 Comments