"Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan " upacara Peringatan Hardiknas 2018



Nganjuk Radar Merah Putih–
Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)  yang jatuh setiap tanggal 2 mei kita  peringati bersama,  seluruh masyarakat Indonesia.
Berada di lapangan GOR Bung Karno yang ada di Jl.  Barito Kelurahan Begadung Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk , upacara  peringatan Hardiknas  yang dihadiri Plh Bupati Nganjuk Ir. Agoes Soebagijo , Ketua DPRD Nganjuk,  Wakil Pimpinan DPRD  (Golkar,  Demokrat,  Gerindra,  PKB)  Ketua  Kejaksaan Negeri Nganjuk,  Komandan Kodim 0810 Nganjuk,  Kapolres Nganjuk AKBP  Dewa Nyoman Nanta Wiranta, OPD,  seluruh kepala SD,  SMP Negeri dan Swasta , SMA /K , Dewan Pendidikan, Selasa ( 02/05/2018) .

Peringatan Hardiknas yang mengusung tema " Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan ".Plh Bupati Nganjuk Ir. Agoes Soebagijo bertindak sebagai pembina upacara,  membacakan amanat dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.
 “Sesuai dengan tema tersebut, marilah kita jadikan peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat, antara pendidika dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran, dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hadjar Dewantara,” kata Agoes.

Masih banyak hal penting yang terkait pendidikan dan kebudayaan disampaikan, salah satunya terkait prioritas pembangunan pada penguatan SDM yang dicanangkan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI. Dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan meneguhkan pentingnya penguatan pendidikan karakter dan literasi. Hal ini sejalan dengan Revolusi Karakter Bangsa sebagai bagian dari pengejawantahan program Nawacita Presiden dan Wakil Presiden.
“Ikhtiar itu semakin kuat dengan ditetapkannya Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM),” ujar Plh Bupati.

Sebelum sambutan tersebut disampaikan oleh Plh Bupati,  diawali dengan pengibaran bendera sang merah putih yang dilanjutkan dengan mengheningkan cipta. Plh Bupati juga memimpin pembacaan teks Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Acara diakhiri dengan pembacaan doa dan Andika Bhayangkari.

Dan sebelum barisan dibubarkan, Plh Bupati beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penyerahan piagam penghargaan kepada siswa-siswi pemenang seleksi olimpiade, juga bapak/ibu ASN yang memenangi lomba Tartil Al-Qur’an, Tilawah dan Dakwah.
Diantaranya :
1. Muh. Irfan Maulana Pramayoga, Juara I Olimpiade Sains Nasional (OSN) Jenjang SD
2. Aradea Galang Bayu P, OSN Jenjang SMP Tingkat Nasional Passing Grade Se-Indonesia
3. Firza Hasna Humaira, Juara I Gambar Bercerita Festival/Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SD
4. SMPN 2 Kertosono, Juara I Gala Siswa Indonesia (GSI) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Jenjang SMP
5. Solikun Najib, S.Pdi., Juara I Tartil Al-Quran Putra
6. Karomatul Habibah, S.Ag., Juara I Tartil Al-Quran Putri
7. Moch. Rochani, SE., Juara I Tilawah Al-Quran Putra
8. Siti Aminah S.Ag., Juara I Tilawah Al-Quran Putri
9. Imam Mahmud S.Ag., Juara I Dakwah Al-Quran Putra
10. Roihana Fitri, S.Pd., Juara I Dakwah Al-Quran Putri .
Semoga dengan penghargaan yang sudah diterima ini bisa menambah semangat belajar,  supaya lebih bisa mendapat juara ke tingkat Propinsi dan bahkan ke tingkat Nasional (adv/siwi).

Post a Comment

0 Comments