Debat Kandidat Pilkada Nganjuk 2018 , ke tiga Paslon Semakin Mantab. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, May 9, 2018

Debat Kandidat Pilkada Nganjuk 2018 , ke tiga Paslon Semakin Mantab.





Nganjuk,Radar MP - Komisi Pemilihan Umum Daerah(KPUD) Nganjuk gelar Debat Publik III Pilkada Nganjuk 2018 bertempat di Gedung Juang 45, Jl. Dr. Sutomo Kelurahan Kauman ,Kecamatan Kota Nganjuk,Rabu malam ,09/05/2018 .

Dalam Debat Publik III Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk Tahun 2018 ,Komisioner KPU Nganjuk mengambil tema utamanya “menyerasikan pelaksanaan pembangunan Daerah Kabupaten dan Provinsi dengan Nasional,memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kebangsaan,serta Program Kependudukan,Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Pantauan awak media di lokasi ,para pendukung dan simpatisan masing masing paslon duduk berderet sesuai tempat yang disediakan,sekitar lima ratus orang ada didalam ruang debat, tampak pula hadir, Ketua KPU Kabupaten Nganjuk  M.Agus Rahman Hakim beserta seluruh Komisioner KPU, Ketua Panitia Pengawas Kabupaten(Panwaskab) Nganjuk , Abdul syukur Junaedi beserta seluruh Komisioner Panwaskab Nganjuk, Forkopimda Kabupaten Nganjuk dan atau yang mewakili tampak semangat menyaksikan akhir debat.

Juga hadir perwakilan KPU Kota yang melaksanakan Pilkada Bupati dan Walikota seJatim(red***)didepan Panggung juga tampak Para Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk Tahun 2018 dari sebelah kanan panggung  Nomor urut 1 ,H. Novi rahman Hidayat - Dr. Drs. Marhaen Jumadi( Novi Marhaen), Nomor urut 2 , Ir. Siti Nurhayati – Bimantoro Wiyono ( Hanung - Bima), Nomor urut 3 ,Desy Natalia Widya S.IP – Nico Ainul Yakin ( Desy – Yakin) .

Tidak ketinggalan pula Tim Perumus Kajian Soal Debat Publik Edisi kedua , Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Nganjuk Prof. Dr. SUMARJI, SP.MP, Kepala BAPPEDA Kabupaten Nganjuk Drs. Gunawan Widagdo, M.Si, Wartawan senior Nganjuk,Ristika Wahyu Prasetyo,SE.

Masih dari pantauan awak media yang selalu mengikuti jalannya debat publik ,yang hadir juga Para Kepala dinas se OPD Kabupaten Nganjuk, Tokoh Agama, Tokoh politik, dan Organisasi Mayarakat Kabupaten Nganjuk, Para pengurus Parpol Pengusung paslon Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk Tahun 2018, Para Ketua PPK se Kabupaten Nganjuk, Para Ketua Panwascam se- Kabupaten Nganjuk, Para pendukung paslon Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk masing masing 100 Orang, Tamu Undangan lain dan Insan Pers.

Pada Segmen pertama,debat publik dimulai dengan penyampaian Visi Misi oleh paslon nomor urut 1.Novi-Marhaen, yang pada  intinya ingin memberikan kemakmuran masyarakat nganjuk ,dimana itu  tugas yang harus diemban bersama.
Paslon no urut 1 bertekat akan meningkatkan kerjasama yang baik antara Pemerintah Daerah dan Pusat untuk perubahan di Kabupaten Nganjuk.
Ditambahkan juga olehnya, menjaga NKRI adalah tugas utama untuk menjamin stabilitas keamanan yang nantinya meningkatkan-bersama kami(red**), Nganjuk akan menjadi Kabupaten yang maju dan bermartabat,bersama disela pembicaraannya,paslon ini selalu mengucapkan "Nganjuk Nyawiji".

Dilanjutkan dengan Penyampaian Visi Misi oleh Paslon nomor urut 2,giliran pasangan  Hanung-Bima menyampaikan tentang pembangunan harus dilakukan secara selaras dan serasi antara Pemerintah Pusat dengan pemerintah Daerah,untuk itu kami(hanung - bima) akan berkerjasama dengan baik.

Ditambahkan oleh pasangan nomor urut 2,NKRI akan kami tingkatkan dengan pembangunan EMPAT pilar,meningkatkan kualitas iman,untuk pembangunan Kabupaten Nganjuk lebih baik.Kami akan membangun kembali Program Keluarga Berencana untuk pembangunan keluarga yang sejahtera.

Giliran paslon nomor urut 3 dalam segmen pertama,Penyampaian Visi Misi oleh Paslon nomor urut 3 Desy-Yakin, yang intinya dalam RPJM Daerah Nganjuk  selama lima tahunan,sehingga kami akan bekerjasama dengan pemerintah propinsi dan  pusat.
Kami akan berkoordinasi dengan BKKBM,agar Genre Kabupaten Nganjuk dapat berjalan dengan baik.

Dilanjut pada segmen kedua ,moderator dalam debat ini  memberikan pertanyaan kepada satu paslon dan paslon lain menanggapinya secara acak.
Pertanyaan pertama jatuh kepada paslon no.urut 2 Hanung-Bima apabila terpilih menjadi Bupati apa langkah saudara untuk mengatasi pembangunan di Kabupaten Nganjuk terkait dengan PAD yang kecil,tanggapan dan jawaban paslon no.urut 2. Hanung-Bima terkait dengan pendanaan, kita(hanung bima) ketahui bahwa PAD kita setiap tahun menurun untuk itu kita harus meningkatnya melalui pembangunan pariwisata.
masih ada waktu untuk ditambahkan, Menggalakkan kembali pembangunan dengan partisipasi masyarakat yang sudah kami lakukan tahun 2003,Ungkapan Hanung saat pernah menjadi bupati Nganjuk.

Lain halnya Tanggapan oleh paslon no.urut 3 Desy-Yakin , Pembangunan di Daerah harus sinergi dengan pembangunan pemerintah pusat.Pelaksanaan tender harus cepat dan tepat.
Seperti Tanggapan oleh paslon no.urut 1 Novi-Marhaen , APBD yang terbatas harus diatur lebih baik,karena itu kami akan manfaatkan betul untuk pembangunan.
Meningkatkan pembangunan pariwisata,serta pembangunan Infrastruktur yang baik untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan ekonomi Masyarakat khususnya UMKM.

Pertanyaan kedua kepada paslon no.urut 3 Desy-Yakin sekitar apa strategi langkah saudara untuk melindungi tenaga kerja lokal yang tertuang dalam peraturan Daerah.
Memperhatikan pertanyaan yang disampaikan oleh moderator,
Jawaban paslon no. urut 3 Desy-Yakin,kita akan melakukan MOU dengan Perusahaan,kita berikan batasan maksimal tenaga kerja asing,dan harus di notariskan.
Kita akan berikan bantuan hukum kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk.

Mendengar apa yang disampaikan oleh paslon nomor urut 3,paslon no.urut 1 Novi-Marhaen kurang setuju dengan paslon nomor 3,alasan tidak setuju karena kami(novi - marhaen) akan melindungi tenaga kerja Kabupaten Nganjuk,Nganjuk harus maksimal diserap oleh perusahaan.
Peningkatan SDM tenaga kerja dengan pembangunan pusat serta pelatihan.

Semakin ramai saat
Tanggapan oleh paslon no.urut 2 Hanung-Bima  Kita harus buatkan perjanjian dengan prosentasi dengan perusahaan terkait penyerapan tenaga kerja.Kita akan mendorong perusahaan untuk memberikan pelatihan pelatihan khususnya untuk teknologi.

Lanjut pada segmen 3 dengan Pertanyaan kepada paslon no.urut 1 Novi-Marhaen langkah apa yang harus dilakukan agar masyarakat mendapatkan Informasi Publik dan keterbukaan pelaksanaan APBD.

Dengan serak serak suaranya,jawaban paslon no.1 Novi-Marhaen Pemerintahan harus menggunakan sistem informasi elektronik,untuk itu kita bersama Smart City yang merupakan gabungan dari semua sistem pelayan publik di Kabupaten Nganjuk,yang bisa di akses dimanapun.

Tanggapan oleh paslon no.2 Hanung-Bima , harus melihat sistem yang berlaku saat ini,sehingga kita tinggal membenahinya.Kita akan memberikan ruang kepada masyarakat untuk menyampaikan pengaduan pengaduanya secara langsung.

Semakin malam semakin ramai disela sela banyak teriakan dan yel yel.
Tanggapan oleh paslon no.3 Desy-Yakin kebijakan publik harus dilihat secara konvensional,yang penting adalah kita harus tahu apa yang diberikan oleh Pemerintah Daerah.Kita harus mengajak masyarakat untuk melihat kebijakan publik apa yang sedang dijalankan.

Pada Segmen Debat Publik ketiga masing masing paslon memberikan pertanyaan kepada paslon lain untuk mengukur kemampuan para pemimpin Nganjuk.
Pertanyaan dari paslon no.3 Desy-Yakin kepada paslon no.2 Hanung-Bima ,Program apa yang akan anda lakukan terkait dengan kasus stunting ( orang pendek ) di Kabupaten Nganjuk.

Jawaban paslon no.2 Hanung-Bima kita akan melakukan pengendalian melalui program yang juga dilakukan oleh pemerintah pusat,disesuaikan dengan program dan kebijakan pemerintah pusat.

Mendengar tanggapan paslon no.3 Desy-Yakin atas jawaban paslon no.2 Hanung-Bima ,kata paslon 3 maksud saya adalah bagaimana mengendalikan kasus Stunting di Kabupaten Nganjuk, agar kita tahu keadaaan anak anak di Kabupaten Nganjuk terkait gizi buruk terburuk ungkap cabup,Dessy.

Tanggapan paslon no.2 Hanung Bima memberikan penanganan Gizi yang terkontrol kepada masyarakat.
Pertanyaan dari paslon no.3 Desy-Yakin kepada paslon no.1 Novi-Marhaen pondok pesantren merupakan pilar untuk memperkuat membentengi NKRI, apa yang akan anda lakukan untuk pembangunan pesanten tersebut.

Dari pantauan awak media ini, jawaban paslon no.1 Novi-Marhaen pondok pesantren akan kita jadikan untuk pembentukan ahklak yang baik yang berguna untuk menopang pembangunan di Kabupaten Nganjuk.

Tanggapan paslon no.3 Desy-Yakin atas jawaban paslon no.1 Novi-Marhaen kita ketahui ada 4 Wawasan Pesantren di Kabupaten Nganjuk harus menginginkan untuk menunjang pembangunan mental.

Tanggapan dari Paslon no.1 Novi Marhaen Pondok pesantren sudah memiliki sistem yang lebih baik,utamanya pembangunan moral yang tertanam dengan baik,sehingga pesantren adalah penopang pembangunan di Kabupaten Nganjuk.

Debat Segmen keempat masih  paslon memberikan pertanyaan kepada paslon lain , Pertanyaan dari paslon no.1 Novi-Marhaen kepada paslon no.2 Hanung-Bima ,berikan contoh konkrit terkait dengan urusan pemerintah Absolut, konkuen dan umum?
Dengan santai  tegas dan ekselen,Bima cawabup no urut 2 ,kita akan lakukan disegala bidang, kita harus selalu kawal program programnya, kita lakukan dengan pembentukan good govertment.

Mendengar atas jawaban paslon no.2, Novi-Marhaen sangat tidak setuju yang mana jawaban paslon nomor urut 2 tidak  sesuai dengan pertanyaan yang diberikan tadi.
Sanggahan paslon no.2
Kita ketahui semuanya perlu pendanaan, selanjutnnya pemerintahan harus serasi dan selaras.

Pertanyaan dari paslon no.1 Novi-Marhaen kepada paslon no.3 Desy-Yakin pembangunan di Kabupaten Nganjuk sudah direncanakan,bangaiman cara anda mengatasi disparitas,( kesenjangan) pembangunan di Kabupaten Nganjuk

Masih dalam tukar pertanyaan ,
Jawaban paslon no.3 Desy-Yakin kita akan berikan kebijakan yaitu di bidang kewirausahaan di Masyarakat untuk meningkatkan pendapatannya.
Tanggapan paslon no.1 Novi-Marhaen atas jawaban paslon no.3 Desy-Yakin kita perlu membuat kebijakan yang pro masyarakat, peningkatan pembangunan desa.

Lebih lanjut tanggapan paslon no.3 Nganjuk harus kita membangun wirausahawan baru,sehingga masalah kesenjangan dapat diatasi.

Debat Segmen kelima “paslon memberikan pertanyaan kepada paslon lain” Pertanyaan dari paslon no.2 Hanung-Bima kepada paslon no.3 Desy-Yakin apa yang akan anda lakukan untuk memperkokoh NKRI dengan potensi yang di miliki Kabupaten Nganjuk saat ini.
Jawaban paslon no.3 Desy -Yakin ,
ungkapnya kita semua harus mempertahankan Empat pilar,dengan cara masyarakat di Kabupaten Nganjuk untuk saling bergotong royong di Kabupaten Nganjuk, tidak ada arah yang melenceng dari NKRI.

Tanggapan paslon no.2 Hanung-Bima atas jawaban paslon no.3 Desy-Yakin kita perlu perdayakan Kesbangpolinmas untuk lebih melakukan deteksi dini melalui Kominda,membentuk kemitraan antara pemerintah dengan masyarakat.

Tanggapan paslon no.3 yang penting adalah bagaimana memperkuat NKRI di masyarakat itu yang lebih penting.Pertanyaan dari paslon no.2 Hanung-Bima kepada paslon no.1 Novi-Marhaen apa yang akan anda lakukan untuk merevitalisasi infrastruktur jalan di Kabuapten Nganjuk.

Jawaban paslon no.1Novi-Marhaen ,kita ketahui bahwa di Kab.Nganjuk itu ada 3 Infrastruktur jalan yaitu jalan Nasional,jalan propinsi dan jalan Kabupaten Nganjuk,sehingga kita akan tunjukan kepada pemerintah Pusat dan Daerah untuk perbaikan dan perawatannya.

Tanggapan dari paslon no.2 Hanung-Bima atas jawaban no.1 Novi-Marhaen perbaikan jalan harus kita perjuangkan dengan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Tampak arogan apa yang disampaikan atas tanggapan nomor urut 2.Paslon no.1 beranggapan kalau kita sharing itu salah,kewenangan itu sudah ada, jalan nasional adalah kewenangan pusat dan selanjutnya.
Debat Segmen keenam “moderator memberikan pertanyaan kepada paslon dengan cara undian sekaligus pernyataan penutup debat oleh paslon”.

Pertanyaan nomor undian 3untuk paslon no.1 Novi-Marhaen langkah terobosan apa yang anda lakukan untuk menata SDM guna meningkatkan investasi,
Jawabannya membuat perda harus ada sinkronisasi  dengan aturan diatasnya,serta mendukung program yang ada di pusat,namun sekarang ini membuat perda sendiri, harus berhubungan dengan biro Hukum,yang dibuat semudah mungkin untuk meningkatkan investasi.

Pertanyaan nomor undian 5 untuk paslon no.2 Hanung-Bima strategi apa yang akan anda lakukan untuk penyelarasan program dengan pemerintah pusat untuk mewujudkan E- Government ,
jawabannya pembangunan harus di dasarkan pada skala prioritas, sehingga tidak ada selera politik demi kesejahteraan masyarakat Nganjuk.

Pertanyaan nomor undian 4 untuk paslon no.3 Desy-Yakin rencana Riil apa yang anda lakukan untuk mengambil peluang pembangunan Fly - over segitiga emas Jatim, Jawabannya kita harus membangun Fly- Over di Wilayah mengkreng,Kediri  karena itu adalah titik segitiga Emas di Kabupaten Nganjuk.

Diakhir pernyataannya masing masing paslon  siap menang siap kalah ,seperti yang disampaikan paslon nomor urut 1 Novi-Marhaen yang intinya kita Bersama ada di Kabupaten Nganjuk yakin akan membawa Nganjuk menjadi lebih maju dan bermartabat,mari tanggal 27 juni mendatang kita berbondong bondong menuju TPS nyawiji bersama mas Novi nomor siji,

Nganjuk maju dan Bermartabat.
Paslon nomor urut 2 Hanung-Bima intinya ,mari kita bersama sama Hanung Bima Membangun Nganjuk untuk Nganjuk Sejahtera,tanggal 27 juni coblos Nomor urut 2.

 Paslon nomor urut 3 Desy-Yakin intinya Nganjuk 27 juni 2018,Jangan gadaikan Nganjuk dengan sesuatu apapun,kami siap menang dan Siap jadi apabila terpilih paslon nomor urut 3 kami akan membawa perubahan Kabupaten Nganjuk Ke depan.

Sekitar pukul 21 : 30 debat publik paslon Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk selesai,selama kegiatan berlangsung dengan tertib,aman dan lancar.(siwi)