Momen Lebaran,Pasangan Mas Novi dan Kang Marhaen Hadiri Halal Bihalal di Kantor NU Nganjuk - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Saturday, June 23, 2018

Momen Lebaran,Pasangan Mas Novi dan Kang Marhaen Hadiri Halal Bihalal di Kantor NU Nganjuk



Nganjuk,Radar MP  - Menjelang  masa tenang  Pilkada 2018 ,Pasangan Calon No Urut 1 Novi Rahman Hidayat dan  calon wakil Bupati Nganjuk, Marhaen Jumadi, tetap  bergerak melakukan kegiatan silaturahmi dan berbaur dengan masyarakat terutamanya para kader ɗan anggota NU.

Kali ini kegiatan sosial dan keagamaan Mas Novi dan Kang Marhaen dalam rangka Halal Bihalal dengan keluarga besar NU se - Kabupaten Nganjuk.

Acara tersebut digelar di halaman Kantor NU yang terletak di Desa Njali Kecamatan Sukomoro,Kabupaten  Nganjuk Minggu,24/06/2018.

Bila kita mendengar kalimat Halal bihalal sudah menjadi kebiasaan mayoritas pemeluk agama Islam atau muslim di Indonesia pada momentum Lebaran tidak ketinggalan mengadakan tradisi yang dinamakan Halal bihalal.
Acara yang rutin digelar oleh masyarakat di bulan Syawal sejak puluhan tahun silam ini diyakini sebagai tradisi yang selaras dengan ajaran Islam.

Halal Bihalal itulah momen yang dilaƙuƙan oleh Mas Novi dan Kang Marhaen.
Saat awak media online Radar MP mewawancari Kang Marhaen, Ia memaparkan tentang Halal bihal,"
Masyarakat dari generasi ke generasi berupaya melestarikan tradisi Halal bihalal bukan tanpa sebab, Misal yang dijalani oleh keluarga besar NU Nganjuk sekarang ini,"ungkapnya.

Berdasar informasi yang dihimpun media online ini menariknya, Halal bihalal keluarga besar NU Nganjuk tersebut selalu diisi dengan pembacaan tahlil dan surat Yasin untuk mendoakan anggota keluarga yang sudah meninggal, ceramah agama serta ditutup dengan bersalam-salaman.

Dalam kesempatan tersebut,Kang Marhaen menyampaikan pada dasarnya silaturrahim merupakan inti dari Halal bihalal yang bertujuan untuk menyambung kasih sayang dan menghilangkan rasa dendam, sehingga antar keluarga bisa saling mengasihi dan saling mencintai,"katanya.

"Kalau berkumpul seperti ini rasanya senang bukan? Rasanya kita ingin berlama-lama sebab setahun ada yang tidak bertemu," tutur Kang Marhaen di hadapan wartawan.

Ditempat yang sama Mas Novi yang memang sejak kecil selalu belajar agama di pondoƙ pondok menjelaskan bahwa silaturrahim itu bukan budaya, tapi memang syariat Allah. Hal ini sudah diterangkan di berbagai hadis Nabi yang menerangkan keutamaan pentingnya silaturrahim.

Dalam bulan Ramadhan, lanjut Mas Novi apabila seseorang dalam keadaan beriman maka akan diampuni dosa-dosa yang hubungannya dengan Allah semata. Ia mengingatkan bahwa dosa-dosa yang hubungannya dengan manusia akan diampuni apabila saling memaafkan satu sama lain.
"Dosa-dosa yang kaitannya dengan sesama manusia tidak akan diproses Allah apabila tidak ada acara Halal bihalal," tegas Mas Novi.

“Dengan niat yang sama, mari kita dari rumah saling memaafkan,” ajaknya.(siwi)