Pj. Bupati Nganjuk Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila , Bacakan Amanat Presiden RI - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, June 1, 2018

Pj. Bupati Nganjuk Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila , Bacakan Amanat Presiden RI



Nganjuk,  Radar MP–
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan tepat pada Jumat, 1 Juni 2018 di Halaman Pendopo Pemda Nganjuk, yang dipimpin langsung oleh Pj. Bupati Nganjuk Drs. Sujono,  MM. Dalam acara tersebut hadir seluruh Forkopimda, Ketua dan Anggota DPRD Kab. Nganjuk, Sekretaris Daerah, Staf Ahli dan Asisten, juga para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Nganjuk. Juga para anggota TNI, Polri, juga dari lingkungan pendidikan hadir untuk mengikuti upacara.

Pada saat upacara tersebut Pj. Bupati membacakan amanat dari Presiden RI Joko Widodo.  “Pancasila bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggeser, namun ia tetap ada dan terus mengalir di denyut nadi seluruh Rakyat Indonesia, kita harus selalu mengingat bagaimana dulu Founding Fathers atau pendiri bangsa Indonesia yang berasal dari berbagai kelompok, golongan, dan latar belakang berbeda bisa duduk bersama merumuskan Pancasila, maka dari itu, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” ujarnya.

Dalam momen Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan seluruh Rakyat Indonesia sebagai momen pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Saat ini Kemajemukan, Kebhinekaan Indonesia sedang dibayang-bayangi oleh risiko intoleransi, ketidak-bersatuan dan ketidak-gotongroyongan. “Saatnya kita berbagi pengalaman dalam ber Bhineka Tunggal Ika, bertoleransi serta membangun persatuan dan kebersamaan, mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” tambahnya mengutip pidato Presiden.

“Terimakasih terhadap seluruh Rakyat Indonesia juga generasi-generasi muda yang telah menanamkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, pada kesempatan ini saya ingin mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita, semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya,” pungkasnya.

Upacara berakhir lancar dan ditutup dengan pembacaan doa.
Para petugas upacara tersebut diantaranya adalah Perwira Upacara Sugianto, S.Sos., M.Si., Komandan Upacara dari Pama Kodim 0810/Nganjuk, Pengibar Bendera merupakan tiga siswa/siswi Purna Paskibraka, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 dari staf BKD, dan Pembaca Doa dari Kemenag Nganjuk. Adapun urutan upacara, dimulai dengan pengibaran Bendera Sang Merah Putih diiringi Lagu Lebangsaan Inonesia Raya, Mengheningkan Cipta, pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, kemudian Amanat Pembina Upacara dan diakhiri Pembacaan Do’a.

Sekedar diketahui dalam upacara tersebut para pejabat yang hadir diantaranya adalah, Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Drs. Puji Santoso, Dandim 0810/Nganjuk Letkol Arh Sri Rusyono, Kepala Kejaksaan Negeri Nganjuk Asis Widarto, SH., Sekda Nganjuk Ir. Agoes Soebagijo, Wakapolres Nganjuk Kompol Toni Sarjaka, serta para Kepala OPD dan Pejabat eselon di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Nganjuk.
(adv/siwi)