Kang Marhaen Hadiri Pagelaran Wayang Kulit, Nyadran Desa Sonoageng - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, July 5, 2018

Kang Marhaen Hadiri Pagelaran Wayang Kulit, Nyadran Desa Sonoageng






Nganjuk,Radar MP-Adakan tradisi nyadran yang luar biasa ramainya Desa Sonoageng sangat terkenal dangan pelaksanaan nyadran tersebut dalam perencanaan sejak satu bulan hingga berakhir hari Kamis, 5/07/2018.

Puncak dari nyadran itu disuguhkan pagelaran wayang kulit,wayang kayu,wayang thimplong juga tidak ketinggalan jaranan yang merupakan cermin pelestarian budaya dan sarana kumpul semua warga termasuk yang berasal dari luar kota.

Berdasarkan informasi yang dihimpun awak media online Radar MP beberapa hari lalu disampaikan acara nyadran di Desa Sonoageng,Kang Marhaen juga hadir dalam pagelaran  wayang kulit.

Menurut Kang Marhaen bahwa tradisi nyadran di Sonoageng perlu mendapat perhatian dan dijadikan contoh untuk desa desa lainya,karena sejak jaman dulu hingga sekarang tradisi nyadran selalu dilakukan selama satu bulan penuh.Dan tepat pada bulan syawal atau setelah panen kedua,"ungkapnya.

Ditambahkan oleh Kang Marhaen dalam wawancaranya dengan awak media online Radar MP menyatakan bahwa," nyadran merupakan salah satu sarana nguri uri dan melestarikan budaya jawa.Agar tidak segera punah dari modernisasi budaya asing yang selama ini terus merongrong jiwa dan budaya Indonesia, " kata kang Marhaen.

Perlu diketahui,Kang marhaen calon Wakil Bupati Nganjuk terpilih ikut hadir dalam penutupan rangkaian kegiatan nyadran Desa Sonoageng tahun 2018.(siwi)