Nyadran Dusun Sonobekel difokuskan di Punden Desa - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, July 15, 2018

Nyadran Dusun Sonobekel difokuskan di Punden Desa



Nganjuk,Radar MP - Tradisi bersih desa atau yang sering disebut Nyadran selalu memiliki daya tarik masyarakat mengingat hal ini berkait dengan leluhurnya atau penunggu desa sebagai implementasi emosi jiwa masyarakat setempat.
Nyadran dusun sonobekel digelar di punden Desa yang bernama Potro joyo, Potro Sono, Potro Golo.
Potro joyo sebagai orang yang babat desa untuk bertempat tinggal bersama keluarga.

Krajan Sonobekel sebagai cikal bakal desa dibuat tempat berkumpulnya warga masyarakat saat melaksanakan saresahan setelah masa panen.Minggu,15/07/2018.

Desa Sonobekel terdapat tujuh dusun yang meliputi
Dusun Grogolan,Dusun Klempun, Dusun Gilis,Dusun Sambirejo, Dusun Sekar putih dan Dusun Patran.

Informasi yang dihimpun oleh awak media online Radar MP menyaksikan langsung di Lokasi tampak Pamong desa setempat ,Rukun Warga,RukunbTetangga, Tokoh masyarakat dan seluruh warga setempat kumpul bersama memanjatkan doa agar mendapat rejeki, keselamatan dan kesehatan.

Dalam sambutannya,
Kades Sonobekel,Sentot Rudi Prastiono,ST menyampaikan,"istilah wadah atau Lengkong itu terbuat dari batang pisang berbentuk segiempat dan dikasih tusuk bambu sebagi penguat untuk mewadahi ingkong,"ungkapnya.

Masih kata Sentot, Nyadran kali ini seperti tahun tahun sebelumnya seperti tasyakuran kita kirim doa kepada leluhur,"katanya.

Lebih lanjut Sentot menyampaikan setelah rangkaian kegiatan
seluruh nasi yang terkumpul dibagi kembali kepada warga yang hadir dan makan bersama sama dengan  tertib,"Ungkapnya.

Dalam pantauan awak media online Radar MP, tampak menyaksikan
Kaum ibu juga ikut hadir.Sumini warga setempat menyampaikan, "kalau nyadran kaum ibu ibu hadir ke lokasi krajan harus bersih dari diri atau dalam kondisi tidak menstruasi,"ungkapnya lugu.

Usai tasyakuran dilanjutkan kegiatan gembyongan dan tayub sebagai tradisi dengan waranggono dan
Pesinden dari desa Kerep dan Desa Ngrajek.

Prosesi sambutan dari panitia mengharapkan warga masyarakat hidup rukun ,sodakoh, murah rejeki dan panjang umur.

Perlu diketahui,Nyadran di Desa Sonobekel  merupakan suatu tradisi turun-temurun dalam masyarakat Jawa.Nyadran juga merupakan bentuk refleksi  atas tradisi sosial-keagamaan yang bertujuan untuk mengingatkan diri atas fenomena hidup manusia dengan bertalian kepada Tuhan. Ritual ini dipahami oleh kalangan masyarakat Jawa sebagai warisan tradisi nenek moyang.(siwi)