Kiai Kampung di Jatim Dukung Jokowi Maju Pilpres 2019 Kiai kampung mendukung Jokowi - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, August 9, 2018

Kiai Kampung di Jatim Dukung Jokowi Maju Pilpres 2019 Kiai kampung mendukung Jokowi



Mojokerto - Sebanyak 21 kiai kampung dari sejumlah daerah di Jatim menyatakan dukungan kepada Joko Widodo (Jokowi) untuk kembali maju di Pilpres 2019. Mereka menilai kinerja Jokowi cukup baik selama memimpin Indonesia.

Para kiai kampung ini merupakan pengasuh pondok pesantren (PP) di Jombang, Mojokerto, Kediri, Sumenep, Sampang, Jember, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Bojonegoro, Lamongan, Gresik, dan Tuban. Hari ini mereka menyatakan keprihatinan terhadap kondisi NU yang ditumpangi tokoh politik untuk kepentingan Pilpres 2019.

Selain itu, para kiai kampung ini menyatakan dukungan kepada pemerintahan Jokowi. Mereka menilai Jokowi layak kembali maju di Pilpres 2019.

"Kami tetap akan mendukung Pak Jokowi sebagai capres dan cawapresnya diserahkan sepenuhnya kepada kebijakan Pak Jokowi. Insyaallah dengan masukan ini akan menjadi pertimbangan Pak Jokowi untuk memilih cawapres," kata salah seorang anggota kiai kampung, KH Abdul Tawwab, di PP Darut Taqwa, Desa Watesnegoro, Ngoro, Mojokerto, Rabu (8/8/2018).

Pengasuh PP Darus Sa'adah Surabaya ini menegaskan dukungan ke Jokowi ini bukan bentuk campur tangan kiai NU dalam politik praktis. Menurut dia, hal itu sebatas bentuk dukungan kiai NU terhadap Jokowi selaku kepala negara.

"Karena Pak Jokowi saat ini kepala negara, kinerja beliau juga baik," ujarnya.

Terkait sosok cawapres yang ideal bagi Jokowi, Tawwab menyebutkan sejumlah kriteria. Salah satunya sosok yang tak ambisius terhadap kekuasaan.

"Cari orang yang tidak ambisi, rekam jejaknya bersih, tak punya beban masalah. Pak Jokowi sudah tahu sendiri ke mana arahnya. Itu hak prerogatif dari Pak Jokowi, kami tak boleh intervensi," tegasnya.

Tawwab menambahkan kiai kampung di Jatim akan selalu memantau proses pemilihan cawapres Jokowi. Pihaknya berharap Jokowi memilih sosok yang tepat sebagai pendampingnya di Pilpres 2019.

"Kami siap memantau terus supaya masyarakat tak salah memilih," tandasnya. (red)