Pemkab Nganjuk : lomba Cipta Menu B2SA Warnai Hari Pangan Se Dunia - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, August 7, 2018

Pemkab Nganjuk : lomba Cipta Menu B2SA Warnai Hari Pangan Se Dunia



 Pj Bupati Nganjuk saat menyerahkan hadiah kepada juara 1 lomba cipta menu 

Nganjuk, Radar MP - Berada fi Gedung juang 45 yang ada di Jl. dr Soetomo atau yang lebih mudah lagi ada disebelah timur RSUD Nganjuk , digelar pembukaan  lomba cipta menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) , Selasa  ( 07/08/2018).

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Pj .Bupati Nganjuk , Drs. H. Soejono M.M .yang didampingi oleh beberapa OPD yang ada di Lingkup Pembkab Nganjuk .
Sebagai lading sektor pada kegiatan tersebut  Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Nganjuk .

Dalam sambutanya  Pj Bupati Nganjuk  menyampaiakan ," dengan adanya lomba cipta menu ini , semoga bermanfaat , dan menjadikan duta di masyarakat dan bisa memberikan sosialosasi atau pemahaman kepada masyarakat sekitar akan pentingnya makan makanan non beras  dan memperbanyak  mengkonsumsi  ikan " jelas Soejono siang tadi .

Masih menurut Soejono bahwa dengan lebih banyak mengkonsumsi  makanan non beras dapat mencegah penyakit seperti gula darah , lemak yang berlebihan dll.selain itu dengan banyak mengkonsumsi ikan, bagi anak anak sangat baik , karna selain Omega 3 ( kecerdasan otak )  juga untuk perkembangan pertumbuhan anak juga baik .

Dalam lomba cipta menu tersebut seperti tahun tahun sebelumnya  diikuti oleh puluhan stand ,  yang terdiri  dari 20 kelompok PKK kecamatan ,   Dharma wanita  dari OPD  dan SMK yang mempunyai prigram jurusan Tata Boga  , seperti  SMK N Gondang , SMKN Kertosono , SMKN Bagor  1 dan 2 juga SMKN 2 Nganjuk .

Dengan Motto lomba tersebut , " Tingkatkan Makan Non Beras dan Perbanyak Konsumsi Makan Ikan ". 

Informasi yang dihimpun oleh awak media online dan cetak Radar MP saat di lokasi Drs. H.Budi Sucahyono MM. selaku Kepala Dinas Perikanan dan  Ketahanan Pangan  menyampaikan ,"  rasa syukur yang sedalam dalamnya juga  terima kasih kepada  panitia dan tim juri lomba cipta menu B2SA beragam, bergizi, Seimbang dan Aman 2018 ini, hingga akhirnya lomba terlaksana dengan sukses dan baik. 

Menurut Budi Sucahyono, yang biasa dengan sapaanya bapak Budi ini bahwa  maksud dan tujuan diadakan lomba cipta menu B2SA( beragam, bergizi, Seimbang dan Aman )antara lain, agar peserta bisa membuat menu yang sehat beragam serta bergizi, dan memanfaatkan bahan-bahan makan lokal, non beras .

Ditambahkan oleh Budi , "
dengan kearifan lokal akan mampu menaikan nilai jual dan meningkatkan pendapatan masyarakat Nganjuk secara umum,"jelasnya .

Dari penilaian tim juri disampaikan bahwa Juara I dimenangkan oleh ibu ibu Dharmawanita  Dinas Permukiman, Juara II ibu ibu Dharmawanita  Kecamatan Nganjuk , dan Juara III siswa siswi  SMK Negeri  Gondang.

Usai menggelar kegiatan lomba tersebut para panitia dan tim juri secara bergiliran melakukan sesi foto bersama sebelum menyerahkan hadiah kepada pemenang.(adv/siwi)