Pencairan Anggaran Ahir Bulan, Pemdes Banyak Terjadi Silpa - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, August 31, 2018

Pencairan Anggaran Ahir Bulan, Pemdes Banyak Terjadi Silpa




Malang  Batu , Radar MP- Berawal dari informasi warga di beberapa Desa yang berada di wilayah kota Batu (20/8) terkait alokasi Dana DD serta ADD pada tahun 2017 ,bahwa dikota Batu semua Desa pada tahun tersebut banyak terjadi Silpa yang mencapai hingga milyaran rupiah dikarenakan memang total DD dan ADD tiap desa diatas 3 milyar rupiah.

(30/8)dari penelusuran team infestigasi dilapangan ,data yang berhasil dikumpulkan dari beberapa Desa Wilayah Kota Batu terkait pencairan DD dan ADD tahun 2017 menurut pengakuan Pihak Desa, baik Sekdes maupun Kades memang semua Desa mengalami Silpa dengan besaran berfariasi tergantung jumlah total dana yang dikelola.

Lebih jauh, alasan yang menyebabkan terjadinya Silpa menurut Kades Pendem Kota Batu sewaktu ditemui awak media diruang kerjanya (30/8) " kami juga tahun lalu Silpa sekitar 1,1 milyar rupiah dan hal itu disebabkan karena pencairan dana tahap ahir dikota Batu sudah ahir bulan ,yakni (26/12/2017) padahal pada bulan desember juga bersamaan dengan pelaporan SPJ, otomatis kami kebingungan mau dipakai untuk apa dana yang tidak sedikit itu".

" Sedangkan saya lihat semua proyek waktu itu sudah realisasi semua dan selesai, sementara anggaran yang mau cair masih diatas satu milyar rupiah dan pencairannya pun ternyata ahir bulan, jadi saya mengambil keputusan untuk tidak menggunakan dana tersebut karena waktunya sudah tidak memungkinkan dan misalnya kalau tetap saya pergunakan ,pasti akan jadi temuan BPK karena tidak mungkin realisasi untuk kegiatan bulan tersebut hingga selesai ".

" Lain lagi kalau anggaran DD dan ADD tahun ini 2018, semua kami tata dengan rapi. dimana ada kegiatan proyek dilapangan, saat itu dikantor juga ada staf yang mengerjakan laporan, sehingga bisa dipastikan kalau proyek selesai dikerjakan dan laporan pun juga sudah selesai dibuat ".

" Dan dengan seperti itu, tidak akan terjadi proyek molor terkendala laporan belum selesai dikerjakan, jadi kegiatan bisa selesai bersamaan dari yang proyek fisik juga membuat laporannya ".pungkas Edwin Harahap pada awak media.

Wakil Walikota Batu beberapa kali sewaktu mau dikonfirmasi terkait Anggaran DD serta ADD oleh awak media (20/8 ) masih belum bisa karena sibuk rapat dan baru pada (23/8) melalui pesan singkat orang terdekatnya menyampaikan agar langsung menemui SKPD terkait, yakni BPMPKB.

sewaktu awak media mau menemui BPMPKB (30/8) untuk konfirmasi terkait hal itu, menurut staf dinas kalau yang bersangkutan lagi keluar dan tidak tau kapan kembalinya. (Ich/ip)