Polres Nganjuk : Orang nomor satu di Bhayangkari Nganjuk Bantu Proses Akte Kelahiran Pada Masyarakat yang Kurang beruntung - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, August 23, 2018

Polres Nganjuk : Orang nomor satu di Bhayangkari Nganjuk Bantu Proses Akte Kelahiran Pada Masyarakat yang Kurang beruntung



Nganjuk, Radar MP -  Pengurus Bhayangkari Cabang Nganjuk memperingati hari Kesatuan Gerak Bhayangkari yang ke 66,salah satu kegiatan nyatanya ikut peduli terhadap hal sipil anak Indonesia melalui pembuatan Akte Kelahiran,Kamis(23/08/2018)

Nampak Ibu Ketua Bhayangkari Cabang Nganjuk yang juga istri Kapolres Nganjuk, AKBP Dewa Nyoman Nanta Wiranta,
memberikan Akte Kelahiran.

Menurut Nyonya Wiranta menyampaikan, "
kepada masyarakat yang mendaftarkan untuk memperoleh Akte Kelahiran, perlu mendapat perhatian dan bantuan."ungkapnya.

Berdasarkan data yang diterima sebanyak 42 yang terdaftar namun baru  sekitar 21 akte yang sudah jadi, sisanya menunggu penerbitan usai.

Saat memberikan akte kelahiran kepada masyarakat,awak media
bertanya soal manfaat  dari Akta Kelahiran tersebut, Nyonya Kapolres yang juga Ketua Bhayangkari menjelaskan secara gamblang agar mudah dimengerti oleh masyarakat.

Menurut Nyonya Wiranta," yang pertama menunjukkan hubungan hukum antara si anak dengan orang tuanya.Di dalam Akta Kelahiran tersebut disebutkan siapa bapak dan ibu dari si anak yang tertera dalamnya. Jadi Akta Kelahiran menentukan status hukum seseorang.,"jelasnya

Masih papar Nyonya Wiranta, "Merupakan bukti awal kewarganegaraan dan identitas diri pertama yang dimiliki anak. Akta Kelahiran membuktikan bahwa si anak lahir di Indonesia dan menjadi warga negara Indonesia (WNI) ,".

Sedangkan disinggung kegunaan Akta Kelahiran ,Nyonya Wiranta menjelaskan sesuai aturan yang berlaku, salah satu syarat untuk bersekolah bagi si anak mulai dari sekolah taman kanak  kanak sampai dengan perguruan tinggi.

Ditambahkan juga sebagai salah satu syarat pembuatan Kartu Keluarga(KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Untuk melamar pekerjaan termasuk juga menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Indonesia (POLRI),"jelas Ibu Ketua Bhyangkari

Lebih lanjut kegunaan akte kelahiran lainnya untuk penggunaan hak pilih ,pengurusan hak waris,pembuatan paspor
,melaksanakan perkawinan dan
pembuatan SIM.

 Diakhir pernyataannya, orang nomor satu di Bhayangkari Nganjuk menuturkan, ” Kegiatan pembuatan Akte Kelahiran ini kami lakukan dalam rangka membantu masyarakat yang kurang beruntung terutama keluarga Prasejahtera, juga mempermudah pengurusan Akte Kelahiran karena manfaat dan gunanya sangat penting sekali,” tuturnya.

Diharapkan kegiatan ini terus berkelanjutan karena sangat membantu masyarakat, terutamanya masyarakat pedesaan yang masih belum beruntung dan perlu perhatian petugas.

,"Kami juga menghimbau  pendataannya bisa melalui Bhabinkamtibmas masing-masing Polsek," pungkasnya.(Siwi)