-->

Author Details

Nyadran Desa Tarokan Kediri , Menjadi Tradisi , Tampilkan Kirab Hasil Bumi

Monday, September 24, 2018, September 24, 2018 WIB Last Updated 2019-03-01T04:36:38Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


 Kediri , Radar MP - Bersih desa   sedekah bumi atau yanh lazim dengan sebutan nyadran desa  Tarokan Kecmatan Tarokan Kabupaten Kediri  , jumat ( 21'0,/2018) .

 Kegiatan nyadran merupakan agenda dan legenda desa Tarokan , yang diperingati setiap satu tahun sekali pada bulan suro .

 Supadi  kepala desa Tarokan saat ditemui awak media Radar MP  online maupun cetak menyebutkan bahwa , " kegiatan ini merupakan  bentuk  kebersamaan seluruh masyarakat desa Tarokan , selain itu juga sebagai sarana  silaturahmi  antar warga ,"jelas Supadi .

 Nyadran sudah menjadi  tradisi warga desa Tarokan , yang tujuanya menghargai dan menghormati para leluhurnya .

Dalam percakapanya Supadi menambahkan bahwa dalam rangkaian kegitan nyadran ini antara lain ,  jum at  legi ( 21/09/2018)  bersih bersih makom dilanjut dengan  berdoa bersama  , kepala desa  bersama seluruh  perangkat desa ,
 Sehabis jumatan dilanjut dengan  tasyakuran  di pendopo kantor desa yang diikuti oleh seluruh warga desa Tarokan .

Acara inti yang ditunggu , Kirab  budaya , dari ke 10 dusun yang ada di Desa Tarokan  menampilkan hasil bumi , mereka per dusun dengan hiasan  tampilan di mobil  yang berbeda  namun semua dari hasil bumi mereka masing masing .

Pada urutan pertama mobil dengan hiasan  sayur sayuran dan buah buahan yang di naiki oleh Supadi kepala desa , didampingi istri tercinta , dengan rute keliling di seluruh jalan yang ada di lingkup Desa Tarokan .  Selesai kirab  , dilanjut dengan pegelaran wayang kulit  semalam suntuk  , Semoga nyadran tahun ini bisa membawa berkah bagi seluruh warga Desa Tarokan .( siwi ) .
Komentar

Tampilkan

Terkini