Khayangan Api Tempat Pertama Kali Menggembleng Kanuragan Pasukan Bhayangkara - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Saturday, October 20, 2018

Khayangan Api Tempat Pertama Kali Menggembleng Kanuragan Pasukan Bhayangkara


BOJONEGORO, Radar MP – Berawal dari salah satu Senopati Kerajaan Majapahit yang memerintahkan kepada seorang Bekel (setingkat kepala desa) yang bernama Bekel Madha untuk membentuk sebuah Pasukan Elit.
Bekel Madha yang terkenal dengan kesaktiannya, memilih Kayangan Api sebagai lokasi untuk menggembleng Pasukan Elit tersebut. Dipilihnya Kayangan Api dikarenakan disitu merupakan lokasi seorang empu yang sakti mandraguna dalam membuat pusaka.
Setelah dirasa cukup dalam menggembleng ilmu kanuragan, Pasukan Elit tersebut dilantik dan dikukuhkan. Dalam pengukuhan tersebut, Bekel Madha memberi nama Pasukan Bhayangkara. Selain menerima kanuragan, Pasukan Bhayangkara juga memiliki pusaka. Namanya Pusaka Bhayangkara yang dibuat secara khusus oleh sang Empu.
Keberhasilan Bekel Madha membentuk pasukan elit Majapahit dan kesuksesan dalam setiap tugasnya, membuat Bekel Madha dianugrahi sebuah Jabatan Patih dan bernama Patih Gajahmadha. Setelah berhasil mempersatukan Nusantara dengan semboyan Amukti Palapanya, Patih Gajahmadha mendapat gelar Maha Patih Gajahmadha.
Seiring berjalannya waktu, istilah Bhayangkara digunakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia sebagai simbul sebuah kekuatan. Dimana, diharapkan POLRI mampu mempersatukan dan menjaga keamanan Republik Indonesia seperti yang pernah dilakukan oleh Pasukan Bhayangkara dibawah Kepemimpinan Patih GajahMadha.
Siang kemarin, Jumat (19/10/2018) usai Sholat Jumat Kapolres Bojonegoro AKBP ARY FADLI, S.I.K M.H M.S.I mengukir sejarah dalam Kepolisian Negara Republik Indonesia. Bersama Dandim 0813 Bojonegoro, pasukan Sat Sabhara Polres Bojonegoro dan anggota Kodim, Kapolres Bojonegoro membawa lari Api Abadi dari Kayangan Api menuju Alun alun Bojonegoro. Sejauh 25KM, pasukan yang dipimpin oleh Kapolres Bojonegoro mampu menyelesaikan misinya. PERTAMA DALAM SEJARAH!!!!!
Ada hal unik dalam pelaksanaanya. Ketika rombongan sudah berjalan, Kapolres Bojonegoro tiba tiba meninggalkan rombongan begitu mendengar adzan sholat Ashar. Sehingga pengawal kebingungan dan terpaksa memperlambat laju kendaraan hingga Kapolres Bojonegoro kembali menyusul rombongan. Sungguh seorang Pemimpin yang lengkap dengan Prestasi dan Keimanan yang kuat.
Demikian sekilas sejarah masa lalu dan sejarah masa sekarang. Dimana seorang pemimpin mampu napak tilas sejarah dimana asal usul sebuah Korps yang dipimpinnya berasal.
Mampukah nanti di masa yang akan datang AKBP ARY FADLI S.I.K M.H M.Si menjadi seorang Patih (Kapolri) memimpin PASUKAN BHAYANGKARA menjaga keutuhan NKRI seperti Keberhasilannya Napak Tilas Api Abadi Khayangan Api yang baru saja diselesaikan..? Kita do’akan saja semoga beliau sehat wal’afiat.. Aamiin.
(Ags/Malik)