-->

Author Details

BUMDes Purwosari Mart Berdiri, Maksimalkan Pembangunan Fisik Desa

Monday, November 12, 2018, November 12, 2018 WIB Last Updated 2019-03-01T04:20:37Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Madiun,Radar MP, BUMDes Purwosari Mart,merupakan salah satu program prioritas pembangunan untuk meningkatkan perekonomian desa.BUMDes merupakan badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.Lembaga ini digadang-gadang sebagai kekuatan yang akan bisa mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi yang dimiliki desa.

BUMDes harus lahir atas kehendak seluruh warga desa yang diputuskan melalui Musyawarah Desa (Musdes).Musdes adalah forum tertinggi melahirkan berbagai keputuan utama dalam BUMDes mulai dari nama lembaga, pemilihan pengurus hingga jenis usaha yang bakal dijalankan.

Dalam proses ini setidaknya ada dua pertemuan besar yang melibatkan seluruh elemen penting warga desa secara perwakilan. Yang pertama adalah sosialisasi dan pembentukan tim yang bertugas mengawal seluruh proses pembentukan dan pertemuan kedua untuk melahirkan berbagai keputusan final.Seluruh proses ini tentu saja menjadi tanggung jawab Pemerintah Desa sebagai penyelenggaranya.

Apakah setelah BUMDes lahir berarti lantas harus bertanggungjawab terhadap urusan pemberdayaan ekonomi desa? Ini yang sering salah dipahami. BUMDes lahir sebagai lembaga desa yang berfungsi menciptakan kesejahteraan warga dengan memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki desa dan dipersenjatai modal penyertaan dari desa.

Maka tidak berarti semua urusan ekonomi desa masuk dalam ranah BUMDes, sama sekali tidak. Soalnya di desa masih ada banyak lembaga ekonomi yang tidak masuk dalam cakupan BUMDes bahkan tidak bisa di BUMDes-kan.

Maka perlu digaris-bawahi, yang paling menentukan berkembang dan tidaknya ekonomi desa adalah, Kepala Desa! Ya, bagaimanapun seluruh rangkaian proses ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan persoalan seorang kepala desa dalam menjalankan visi ekonomi untuk desanya.

Ya,itulah Purwosari mart yang terletak di Jl.MT Haryono,Mejayan Kecamatam Caruban,yang mana lokasinya dekat alun alun  baru Kabupaten Madiun dan dekat pusat pemerintahan.

Saat awak media online dan cetak Radar MP menyambangi Purnomo, Kepala Desa Purwosari, Kecamatan Wonoasri Kabupaten madiun menjelaskan,"letak strategis Tanah Kas Desa(TKD) Purwosari bakal mubadzir,jika tidak dimanfaatkan sesuai kebutuhan atas dasar alasan itulah,sesuai hasil musrenbangdes kami sepakat mewujudkan Bumdes Purwosari Mart,"ungkapnya dengan semangat.

Dengan sudah berdirinya BumDes segala kegiatan yang melalui APBDes,
maka salah satu kegiatan pembangunan yang melalui Dana Desa Tahun 2018 sebesar Rp.347.973.900, lebih diprioritaskan untuk pegurukan dan pondasi serta pavingisasi.Mudah-mudahan berjalan lancar sesuai dengan tujuan utama yang  digagasnya dalam BumDes tersebut.

Masih ungkap Purnomo,"harapan kami  kedepannya lebih menekankan pada pemuda - pemudi warga masyarakat Purwosari khususnya dan juga sekitarnya tidak lagi merantau keluar kota untuk mencari pekerjaan dan dapat meningkatkan perekonomian desa,meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa serta menjadikan tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi masyarakat desa Purwosari,".

Perlu diketahui Desa Purwosari saat ini lagi melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur pavingisasi dalam upaya untuk meningkatkan kerjasama, meningkatkan kelestarian lingkungan, dan dapat membantu jalan-jalan yang rusak atau pembangunan-pembangunan yang sangat diperlukan dengan volume 30 x 60 M yang lokasinya di desa tersebut.

Dengan kegiatan pavingisasi semua unsur masyarakat dan unsur lembaga seperti Bhabinkantibmas dan Bhabinmas memberikan dukungan kegiatan tersebut dengan implementasi budaya gotong royong ini telah mengakar dalam budaya negara kita,melalui semangat kebersamaan, persaudaraan, persatuan,dan kesatuan untuk bersama-sama serta bersatu pada membangun desa.

Diakhir perbincangan dengan awak media ini,Kades Purnomo titip pesan kepada seluruh mayarakatnya mari kita laksanakan "Percepatan Pembangunan Melalui Program BumDes Mart Guna Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Desa Purwosari,"pungkasnya.(Juned)
Komentar

Tampilkan

Terkini