Guru diharapkan Cetak Generasi Bangsa Beraklaq Mulia - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, November 9, 2018

Guru diharapkan Cetak Generasi Bangsa Beraklaq Mulia



Nganjuk,Radar MP - Pengurus PGRI Kabupaten Nganjuk menggelar HUT PGRI yang ke 73 dan Hari Guru Nasional Tahun 2018 dalam agenda Lomba Paduan Suara Mars PGRI  dan Duet Tembang Pop Memories di Pendopo Kabupaten Nganjuk.Kamis,8/11/2018.

Dalam sambutannya saat pembukaan lomba,Bupati Nganjuk H.Novi Rahman Hidayat,S.sos,MM menyampaikan dihadapan para undangan dan guru juga peserta lomba,"Guru adalah sosok yang paling penting dan menjadikan garda terdepan dalam mencetak generasi bangsa yang hebat dan berprestasi,"paparnya.

Masih menurut Bupati Novi bahwa seorang guru tidak hanya sebagai pendidik saja, akan tetapi memiliki peran penting dalam membentuk moralitas dan akhlaq generasi bangsa.

Lebih lanjut ,Mas Novi ,nama panggilannya “Memasuki era globalisasi dan  keterbukaan informasi teknologi wajib bagi kita semua,terutama generasi muda menerima ancaman seperti paham radikalisme dan berita hoax tanpa ada sekat untuk membentenginya,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Bupati Nganjuk,Mas  Novi,"peran seorang guru menjadi filter bagi anak didiknya dari segala pengaruh negatif yang akan bisa merusak masa depan generasi bangsa,untuk itu Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Nganjuk akan memprogramkan pelatihan dan pendidikan wawasan kebangsaan dan juga bernegara saat memasuki masa orientasi siswa pada saat tahun ajaran baru yang wajib diikuti siswa siswi baik di tingkat SD maupun SMP,"tegasnya.

Dalam kesempatan itu pula ,Ketua Pengurus PGRI Kabupaten Ngajuk, Drs Sujito, MM menyatakan bahwa  PGRI merupakan satu satunya organisasi yang paling terstruktur mulai dari pengurus tingkat ranting, cabang, kabupaten, provinsi sampai di tingkat pengurus pusat.

Menurut Sujito, pemerintah menetapkan tanggal 25 November sebagai hari PGRI sebagai wujud penghargaan terhadap perjuangan guru yang telah mendedikasikan dirinya untuk mencetak generasi bangsa yang tidak hanya cerdas, tetapi juga memiliki akhlaq yang mulia.


Disisi lain,Peserta Lomba Paduan Suara Mars PGRI dan Duet Tembang Pop Memories,menurut Sujito,"Dalam peringatan HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional tahun 2018, PGRI Kabupaten Nganjuk menggelar Lomba Paduan Suara Mars PGRI dan Duet Tembang Pop Memories yang diikuti 20 cabang PGRI se Kabupaten Nganjuk,” ungkapnya.

Perlu diketahui, bahwa peserta terdiri dari gabungan anggota PGRI dari unsur PAUD, TK/SD, UPTD SMP dan SMA/SMK dengan jumlah anggota antara 19 – 25 orang dan tiap peserta menyanyikan 2 lagu yaitu mars PGRI suara 1,2, 3 dan lagu pilihan memilih salah satu pilihan yang telah ditentukan,” terangnya.

Selain lomba paduan suara, kata Sujito,diagendakan pula berbagai perlombaan digelar diantaranya lomba catur, bulutangkis tenis, dan jalan sehat yang akan dipusatkan di masing-masing cabang PGRI.

Pesan moral yang disampaikan oleh Ketua PGRI Nganjuk ,Melalui momentum peringatan HUT PGRI ke 73 dan Hari Guru Nasional,Sujito berharap kepada pemerintah untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru terutama guru honorer yang saat ini belum sesuai yang diharapkan.(Adv/hum/siwi)