Hadir Ke Ruang Tes CPNS Wakil Bupati Nganjuk Beri Motivasi Peserta - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, November 7, 2018

Hadir Ke Ruang Tes CPNS Wakil Bupati Nganjuk Beri Motivasi Peserta



Nganjuk,Radar MP - Kehadiran Wakil Bupati Nganjuk DR.Drs.H.Marhaen Jumadi,SH,SE.MH,MM.mendatangi ruang di hari kedua pelaksanaan tes CPNS Kabupaten Nganjuk memberi motivasi para peserta. Rabu,7/11/2018.

Kehadiran yang dilakukan oleh Kang Marhaen,nama panggilannya,bertujuan untuk meninjau langsung bagaimana situasi dan kondisi di ruang untuk memastikan kelancaran tes tersebut.

Diketahui,Seleksi CPNS  Tahun 2018 dilakukan terpusat, namun lokasi tes berbasis komputer (Computer Assesment Test/CAT) dilakukan di beberapa kota.Pendaftar formasi Nganjuk sendiri melaksanakan tes di wilayah Simpang Lima Gumul (SLG) Ngasem,Kabupaten Kediri.

Informasi yang dihimpun awak media online dan cetak Radar MP disampaikan bahwa sekitar pukul 09.00 WIB Wakil Bupati Nganjuk tiba di lokasi dan langsung menuju tenda administrasi, dimana para peserta yang terjadwal di Sesi 2 melakukan registrasi.Para peserta diminta menunjukkan Kartu Tanda Peserta  sekaligus Kartu Tanda Penduduk(KTP). Kemudian mereka akan diberikan Nomor Identifikasi Pribadi(Personal Identification Number/
PIN, yang nantinya digunakan untuk me-login ke aplikasi tes yang tersedia.

Disampaikan bahwa Kang Marhaen mendatangi lokasi tes di hari kedua pelaksanaan tes CPNS Kabupaten Nganjuk.
Setelah semua proses administrasi selesai, para peserta diminta untuk meninggalkan segala macam barang bawaan untuk dititipkan ke panitia. Memasuki tenda pengarahan,mereka harus melewati pemeriksaan metal detector dan benar-benar  harus steril sebelum masuk ruang tes.

Pada kesempatan itu Kang Marhaen memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta meminta agar terus semangat, dan pantang menyerah,"Jaga disiplin, jaga kesehatan, patuhi peraturan yang ada, kerjakan soal dengan maksimal, semoga kalian semua diberi kelancaran dan kesuksesan dalam tes ini,”ungkapnya.

Kang Marhaen juga berpesan kepada panitia agar bisa melayani peserta tes dengan baik, transparan, akuntabilitas dan keterbukaan yang selalu menjadikan barometer pelaksanan. “Ini momen kita untuk menciptakan pemerintahan yang transparan, ini momen kita mencari pegawai yang kompeten dan jujur, jadi jaga betul seleksi ini agar tetap transparan tanpa ada kecurangan,”pesan Kang Marhaen yang didampingi oleh Inspektur Nganjuk, Kepala BKD, perwakilan BKN, dan pejabat lainnya.

Usai memberikan pengarahan,Kang Marhaen ikut masuk ke ruangan tes dan melihat situasi tes CAT.Ia juga sempat melihat papan skor yang memperlihatkan skor para peserta.

Ditanya soal tingkat kesulitan materi tes CPNS ,Kang Marhaen mengaku miris karena di hari pertama seleksi, peserta yang berhasil lolos  kurang dari 10% dari total yang terdaftar, terkait hal ini Kang Mahaen memberi beberapa pendapat dan wawasan serta masukan kepada Tim BKN,
,"Antara lain ,tingkat kesulitan soal sangat tinggi, c4, c5 dan c6 soal perlu diuji kuesionernya, dengan uji validitas dan reliabilitas, terlihat dari hasil tes hari pertama, tingkat kelulusan hanya 4.6%,"jelasnya.

Lebih lanjut,Kedua menurut Kang Marhaen Passing Grade (tingkat kelulusan)terlalu tinggi untuk Tes Kompetensi Pribadi, yakni 143 dan ketiga hasil nilai sebaiknya komulatif tidak per materi.

Masih menurut Kang Marhaen ,"ke empat,kalau bisa skor diranking dan Rentang nilai terlalu ekstrim, betul nilai 5 dan salah 0,"jelasnya.(Adv/hum/siwi)