OTT di Dispenduk Jember, Tim Saber Pungli Amankan 20 Orang - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, November 7, 2018

OTT di Dispenduk Jember, Tim Saber Pungli Amankan 20 Orang



Jember - Radar MP. Tim Saber Pungli Polres Jember melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil). Sebanyak 20 orang diamankan bersama uang tunai sebesar Rp 10,1 juta.

"OTT Rabu (31/10) malam, 20 orang kita amankan. Statusnya hingga saat ini masih saksi. Demikian juga uang yang kita sita juga akan kita pilah mana yang terkait OTT dan yang bukan," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo di kantornya, Kamis (1/11/2018).

Namun, kapolres tidak menyebut detail inisial 20 orang yang hingga kini masih dimintai keterangan. Kapolres hanya mengatakan di antara yang diamankan ada kepala dinas, kepala bidang dan warga sipil.

"Saat kita OTT, mereka semua ada di kantor Dispenduk Capil, tapi tidak dalam satu ruangan," terang Kusworo.

Sebelum melakukan OTT, sambung kapolres, pihaknya telah melakukan penyelidikan selama 1 bulan. Itu menindaklanjuti keluhan
 masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan.

"Selama ini masyarakat harus antre saat proses mengurus adminduk, semisal KTP atau KK. Mereka bahkan harus mengantre dari subuh. Itu baru proses, sedangkan menunggu jadi KTP atau KK-nya, ada yang sampai berbulan-bulan," terang Kusworo.

Dari sinilah kemudian ada beberapa oknum yang menawarkan jalan pintas. Tentu dengan imbalan uang.

"Ada yang menawarkan mengurus secara cepat dengan imbalan uang. Nah, informasi ini kita tindaklanjuti hingga akhirnya kami melakukan OTT," terang Kusworo.

Sebanyak 20 orang pun berhasil diamankan. Hingga kini, status kesemuanya masih saksi.

Kapolres menegaskan, dalam waktu dekat akan menetapkan tersangkanya. Penetapan tersangka menunggu hasil gelar perkara sore ini.

"Insya Allah besok akan kita sampaikan siapa yang sudah ditetapkan tersangka. Ini masih menunggu hasil gelar perkara," pungkasnya. (Zal)