Perkuat Ketahanan Pangan Nasional,Optimalkan Petani - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, November 11, 2018

Perkuat Ketahanan Pangan Nasional,Optimalkan Petani



Nganjuk,Radar MP - Reses  dilakukan oleh Ir.Mindo Sianipar ,anggota DPR RI  Komisi IV dari Dapil VIII Jatim,jaring aspirasi bersama 600 petani di Gedung Serbaguna Desa Loceret,Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk.Sabtu,10/11/2018.

Acara jaring aspirasi tersebut dihadiri pengurus DPD PDI  Perjuangan Jawa Timur yakni Ida Bagus Nugroho dan Marhaen Djumadi, Pengurus DPC PDI Perjuangan Nganjuk ,Ketua  Tatit Heru Tjahyono dan  Sekretaris,Puji Santoso serta beberapa pengurus cabang dan Calon Legislatif  Dapil V.

Ketua pelaksana kegiatan, Dedy Nawan  menyampaikan bahwa dalam reses kali ini  akan menjadi starting poin,berikutnya akan ada kunjungan Poktan,Gapoktan, LMDH dan Pokdakan serta Poklahsar untuk memberikan support kepada mereka(pokmas,*Red)sekaligus memberikan arahan dan bimbingan agar semua bantuan yang telah diserahkan bisa dioptimalkan.

Informasi yang dihimpun awak media online dan cetak Radar MP adanya pengarahan , sebelumnya Ir. Mindo Sianipar mengajak seluruh hadirin untuk berdoa sejenak menghormati jasa para pahlawan.

Dalam kesempatan itu, Ir. Mindo Sianipar menyampaikan  bahwa petani adalah Pahlawan Pangan, peran yang penting dilakukan membantu pemerintah dalam upaya ketersediaan bahan pangan ,dalam upaya mendorong program kedaulatan pangan juga tidak main-main.

Ir.Mindo Sianipar juga mengajak para petani yang hadir,selain menanam pagi MSP (Mari Sejahterakan Petani) juga menanam singkong varitas Mango, dalam satu pohon jika di pupuk dengan baik maka hasil perpohon bisa mencapai 20 Kg dengan usai maksimal 7 bulan.

Menurut Mindo Sianipar,"ada beberapa keunggulan singkong mango dibanding singkong biasa, singkong Mango bisa dibuat tape pada umur 5 bulan sama dengan singkong biasa umur 7 bulan.Namun, untuk bisa diambil tepungnya harus nunggu 7 bulan agar hasilnya maksimal,"ungkapnya.

Dalam reses tersebut Mindo  Sianipar juga menanyakan,"Mengapa kita harus menanam singkong?

Mindo Sianipar menjelaskan,"karena kita tahu bahwa ketela adalah sumber karbohidrat,".

Usai memberikan pengarahan dan penjelasan mengenai obat obatan dan manfaat singkong Ir.Mindo Sianipar secara simbolis menyerahkan bantuan berupa bibit padi NSP, bibit singkong Mango dan pupuk cair.(siwi)