Geliat Pembangunan Desa Wengkal Rejoso Nganjuk. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Wednesday, December 26, 2018

Geliat Pembangunan Desa Wengkal Rejoso Nganjuk.




Nganjuk, Radar MP - Dana Desa tahun 2018 menjadi sarana untuk menopang kemajuan di berbagai aspek bagi masyarakat Desa Wengkal  Kecamatan Rejoso ,  Kabupaten Nganjuk Jawa Timur. Demikian dituturkan Kepala Desa Wengkal saat ditemui diruang kerjanya baru baru ini  .

Catur Totok Winarko mengatakan desanya masih tergolong  d3sa pinggiran , Namun, kini dengan Dana Desa (DD) wilayahnya dapat menikmati pembangunan dan wajah desa tak tertinggal jauh dengan desa lain.

“Tahun 2018 desa kami mendapatkan kucuran DD Rp.  821.150.000,- dari ADD Rp. 383.095.000,-  seluruhnya digunakan untuk pembangunan di berbagai bidang, pendidikan, transportasi, kesehatan dan ekonomi.

“Di bidang transportasi kami melakukan Pembangunan pengerasan jalan dengan onderlagh di RT 02,  RT 14,  sedangkan di RT 15 dan RT 03 dilakukan  pengaspalan, karena sangat diperlukan  berfungsi sebagai sarana lancarnya hubungan di dalam maupun ke luar desa, dan selebihnya untuk  saluran  air disepanajang desa , " jelasnya.

“Bidang kesehatan juga tak luput dari perhatian karena dianggap penting di masyarakat, juga untuk kesehatan ibu hamil  dan balita,  kami sangat memperhatikan  hal itu, " imbuhnya.

Lanjut Totok , hasil pembangunan yang dicapai telah turut mempertegas identitas desa. Meski begitu bila melihat keperluan di desa tersebut yang masih sangat banyak memerlukan pembangunan, maka pembangunan yang telah ada  masih jauh dari kata cukup.

“Pelaksanaan pembangunan di desa kami telah sesuai dengan perencanaan awal sebagaimana tercantum dalam RPJMDes dan setiap perencanaan selalu melalui musyarah desa yang melibatkan masyarakat. Selanjutnya pada pelaksanaan pekerjaan, petugas pendamping desa selalu berperan aktif mendampingi untuk memberikan petunjuk dan arahan,” katanya.

Totok mengungkapkan, seluruh pekerjaan di Desa Wengkal yang menggunakan dana desa tahun 2018 mulai dikerjakan pada bulan Juli dan telah diperiksa Inspektorat Kabupaten Nganjuk dan dinyatakan selesai. Bangunan dan laporan pertanggungjawaban diterima baik oleh masyarakat dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Nganjuk pada 25 Desember 2018(siwi) .