Pemerintah Pusat Kucurkan Bantuan 15 Induk Sapi Brahman Cross di Kabupaten Madiun. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, December 6, 2018

Pemerintah Pusat Kucurkan Bantuan 15 Induk Sapi Brahman Cross di Kabupaten Madiun.


Ir.Rr.Estu Walujani  Kabid Peternakan Kab Madiun. 

Madiun, Radar MP –Dinas Peternakan dan Pertanian  Kabupaten Madiun terima  bantuan Induk sapi Brahman Cross sebanyak 15 ekor dari pemerintah pusat melalui Menteri Pertanian dan Kehewanan,  yang sumber dananya dari APBN anggaran 2018 , bantuan tersebut diterima (02/12/2018) .

Bantuan induk sapi brahman cross  tersebut dari Australia  , ini merupakan program Nasional , yang bertujuan untuk menstabilkan harga daging sapi secara nasional dan nantinya juga dikembangkan untuk dijadikan bibit yang lebih baik .

Alasan dipilihnya  sapi  brahman cross ini mampu beradaptasi dengan iklim tropis yang ada di indonesia , selain itu ketahanan terhadap penyakit sapi itu lebih baik karena cocok dengan iklim tropis , perbedaan sapi australia dengan indonesia , tanpa keluh atau tali keluh, sedang sapi lokal di ikat atau di keluh.

Bantuan sapi brahman cross tersebut diberikan kepada kelompok ternak Sempulur yang ada di Desa Teguhan Kecamatan Jiwan ,  dari 15 ekor  sapi tersebut semua berjenis betina.

Info yang diperoleh wartawan Radar MP Online  maupun cetak ini bahwa,  Pendistribusian sapi brahman cross langsung dari Australia turun di dermaga cilacap jawa tengah dan tiba di tempat lokasi  madiun tanggal 7 -november 2018 jam 02.00 mlm wib.

Selaku kepala bidang peternakan Kabupaten Madiun Ir.Rr.ESTU DWI WALUJANI  , saat di temui  awak media di ruang kerjanya pukul 10.02 wib (02/12/2018) menuturkan bahwa ," bantuan sapi brahman cross dari pemerintah pusat Sumber dana  APBN 2018, sapi langsung  didatangkan dari  Australia" jelas Estu.

Ditambahkan oleh Estu , " Kabupaten madiun dapat 15 ekor sapi brahman cross berkelamin betina untuk 1 kelompok ternak. Kita uji coba satu kelompok ternak, karena kita mencari kelompok yang betul – betul  bertanggungjawab,  dapat  dipercaya dan siap menyediakan kandang yang lebar dan pakan ,karena dari bantuan  tersebut tidak ada anggaran untuk itu, " katanya.

Ia berharap  ," nantinya Kabupaten Madiun bisa menjadi  sumber bibit atau sentral bibit sapi brahman cross yang  berkwalitas baik untuk wilayah jawa timur paling barat sehingga  masyarakat sekitar madiun atau luar madiun akan mencari bibit sapi brahman cross di kabupaten madiun.” jelasnya ”

" Dengan adanya bantuan sapi brahman cross dari pemerintah pusat yang diserahkan kepada kelompok ternak sempulur Desa teguhan kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun akan menjadi awal pembibitan dan pengembangbiakan sapi brahman cross yang akan  menghasilkan sapi berkwalitas baik , sehingga kedepan bisa menjadi percohtohan  kelompok ternak lainnya khususnya kelompok ternak yang ada di kabupaten madiun, ” pungkasnya…(jned)