Polres Nganjuk : Deklarasi dan Kesepakatan Damai , Pilkades Serentak Kecamatan Kertosono 2019



Nganjuk, Radar MP - Beretempat di Pendopo Kecamatan Kertosono  Kabupaten Nganjuk , Muspika  bersama puluhan bakal calon kepala desa se Kecamatan Kertosono gelar  Deklarasi  dan Kesepakatan Damai Pilkades 2019, Jum'at ( 25 /01/2019) .

Acara dimulai sejak pukul. 09.00 Wib hingga selesai , diawali dengan pembukaan,  menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya,  pembacaan Deklarasi dan Kesepakatan Damai Pilkades 3019,  Penandatanganan kesepakatan damai ,  foto bersama dan ramah tamah .

Dalam acara tersebut turut hadir pula Kompol Abraham Sisik S.sos, SH. MH,  kapolsek Kertosono , Bhabinkantibmas juga  Babinsa se Kecamatan Kertosono, Kapten Infatri Suwanto Danramil,   Camat Kertosono  Suharono,  S.dos , MM , Forpimcam Kertosono dan seluruh kepala desa dan bakal calon kepala desa se kecamatan Kertosono .



  • Dalam rangka menciptakan Harkamtibmas di wilayah Kecamatan Kertosono dalam pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2019, yang di hadiri  undangan : Forpimcam Kertosono, Panitia Pilkades, Para Calon Kades, Babinsa + BKTM serta Tomas ( tokoh masyarajat ) juga Toga ( tokoh agama)  . 

  • Camat Kertosono Drs.Suharono
  • Menyampaikan bahwa  " Forpimcam sebagai  pengawas dalam Pilkades , berupaya pelaksanaan pilkades diwilayah kecamatan Kertosono bisa berjalan lancar ,  aman terkendali, " kata Camat siang itu. 

  • "Sebagai tolak ukur pelaksanaan peleg dan pilpres adalah dari hasil pilkades, meskipun Bupati menyerahkan kepada Forpimcam akan tetapi tanpa dukungan dari para calon tidak bisa berhasil , " jelas camat. 

  • Dengan Perbup dan tata tertip panitia yang sudah dibuat ,  mari kita laksanakan dengan penyampaian visi misi bukan debat silahkan buka tanya jawab tapi tidak boleh menyimpang dari visi misi .

  • Selaku Danramil 0810 Kertosono Kapten Infantri Suwanto dalam sambutanya , " aturan pilkades sudah jelas , bilamana adanya gangguan keamanan itu tugas saya dengan  saudara Kapolsek, siapa yang menjadi sumber masalah akan saya ambil selanjutnya kita serahkan  Kapolsek ," jelas Danramil.

  • " Para calon hrs siap menang siap kalah / legowo ,kita percayakan kepada pemilih dan takdir, yang menang tidak usah senang yang berlebihan di syukuri dan siap ngemban amanah," lanjut Suwanto siang itu.

  • Masih dalam kegiatan yang sama Kapolse Kertisono, Kompol Abraham Sissik, S.Sos,SH,MH menyampaikan bahwa, " Polres Nganjuk memasuki Zona integritas WBK dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat , sesuai Peraturan Hukum tahapan Pileg dan Pilpres,  UU No.7/2017 ttg Pemilu  , Pasal 515 tentang Money politik dengan ancaman hukuman 3 tahun denda 36 juta, Pasal 494 tentang kampanye, bagi TNI/Polri /ASN, Kades/Perangkat, tidak boleh berpolitik praktis ada implikasinya Dalam undang undang no 7 tahun 2017 ada  67 pasal yang mengatur ketentuan pidana, termasuk adanya tentang sabotase, kartu suara atau logistik suara dibuat berapa dan jumlah berapa , semua diatur dengan memperhatikan pasal 514 , " jelas  Kapolsek. 

  • " Untuk tahapan pilkades dan Tatatertib yang di sepakati lakasanakan dengan baik,  bagi yang menang tidak perlu paway keliling desa potensi rawan tetap rendah hati sabar jangan sombong jaga kearifan lokal , selain itu juga kita tekankan kepada panitia hindari hal hal yang terburuk , antara lain laksanakan  aturan dan Tatatertib yang sudah di sepakati ,  laksanakan tugas dengan iklas lahir bathin sebagai pelayan masyarakat, " jelas Abraham. 
  •  
  • Lebih lanjut, " Siapapun yang terpilih nanti adalah takdir Allah dan legitimasi dari masyarakat , didasari Landasan yuridis Pilkades Perbup no.1/2019 dan no.9/2018 diatur tentang implikasi hukum ,  denda 50 juta dan ancaman kurungan 6 bulan , " lanjutnya.  





Suharono berpesan kepada seluruh bakal calon kepala desa,  agar memberikan pengertian kepada para pendukungnya agar tidak melakukan hal hal yang tidak kita inginkan,  selain itu juga diharapkan  kepada masyarakat Kertosono untuk selalu cinta damai , mengutakan keselamatan,  kedamaian dan ketenteraman kepada seluruh lapisan masyarakat yang ada di wilayah Kertosono. (siwi) .

Post a Comment

0 Comments