Karya Tulis Ir.H.Sukatno ; Sekolah=Bengkel Karakter




Malang,  Radar MP-Ditengah makin gencarnya persaingan dunia Industri akan kebutuhan Sumber Daya Manusia yang kompeten dan siap pakai. Lembaga Pendidikan seringkali kebingungan untuk menemukan formula Guna menyiapkan lulusan yang dicari baik bagi perusahaan skala lokal juga Nasional.
Hal ini berbeda dengan apa yang sudah dijalankan oleh salah satu sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Sumber Pucung yakni SMK Brantas yang dipimpin Ir.H.Sukatno. 

Saat ditemui awak media (1/2) orang nomor satu di SMK Brantas Sbr Pucung ini menjelaskan " Bahwa Dengan memakai sistem dasar dari Al-Qur an dan Hadist dan ditambah testimoni yang diambil dari wali murid sendiri seperti, (a). tetap melihat Kondisi masyarakat sekitar yang menjadi wali murid, (b).mendengar keluhan orang tua wali murid akan kenakalan putra-putrinya. padahal saya yakin semua orang tua punya keinginan agar anaknya jadi orang sukses, (c).mempelajari akan metode yang mau dipakai agar bisa diterima semua pihak supaya endingnya bisa berhasil sesuai cita-cita". 

" Menurut saya siswa harus betul-betul berkarakter ,mempunyai disiplin yang tinggi, jujur ,kompeten dan target saya sebelum lulus semua siswa sudah ditunggu dunia Industri, sehingga tidak ada yang namanya siswa lulus menganggur atau tidak bekerja'. Karena kalau semua tersebut terpenuhi, itu sudah satu paket yang dibutuhkan dunia Industri" .

Dan saat ini, " apa yang dulu hanya sebatas menjadi impian dan cita-cita mulai menemui keberhasilan. itu dibuktikan dengan banyaknya para pengusaha yang membuka perekrutan pegawai di sini, sehingga bisa dipastikan bagi anak didik yang baru naik kelas 2 atau kelas 11 saja sudah diinden oleh perusahaan skala Nasional agar setelah lulus bisa langsung bergabung dalam perusahaan tersebut".

" Banyak perusahaan yang datang silih berganti untuk melakukan proses perekrutan pegawai dan dikarenakan stock SMK Brantas terbatas, ahirnya diambil keputusan untuk mengundang sekolah lain se Jawa Timur dengan tujuan agar bisa ikut bergabung dalam setiap Perekrutan tenaga kerja biar bisa sama-sama memperoleh kesempatan masuk dunia Industri ".

" Sebenarnya semua manusia bisa berbuat baik dan kalau bisa menerapkan setiap pekerjaan atau usaha dalam mendidik yang tanpa pamrih, saya rasa pasti berhasil dan sukses tentunya. hanya saja yang memang dirasa agak sulit, yaitu Yakin bahwa Allah pasti mengabulkan". 
Banyak orang bicara Yakin, tapi yang betul-betul tahu dan paham serta mendekat pada Allah saja yang bisa ,Selain itu mereka banyak yang masih ragu dan tidak kalah penting niat orang kerja : melaksanakan perintah Allah dengan tulus ikhlas serta hanya mengharap Ridho Allah.Swt semata".

"Lebih jauh kalau melihat tingkat kepercayaan masyarakat pada SMK Brantas memang sangat tinggi dan setiap tahun jumlah anak didik disini terus bertambah dan mereka juga saya lihat berhasil dalam bidang kerjaan masing-masing".

Selain itu, sosok Ir.H.Sukatno di dalam kepemimpinannya selama bertahun-tahun banyak mendulang prestasi Akademik dan Non Akademik yang diraih mulai tingkat Kabupaten hingga Nasional seperti : (1).The best principal dari united tractors tahun 2012, (2). Mahakarya Indonesia dari Platinum Indonesia dalam kategori terdepan dalam hal program pendidikan dan bimbingan 2015, (3). Indonesia Most Rekommendet Education Award 2016 dari Vena Event Managemen dalam kategori The Best Leading Vocational School In Quality Education tahun 2016, (4). Kepala Sekolah Hebat dari KITTO Awards kategori peningkatan kualitas pembelajaran tahun 2016, (5). Kepala Sekolah Hebat 2017 dari KITTO Awards dalam kategori Standar Kompetensi Lulusan tahun 2017, (6). Indonesia Most Admired School Award 2017 dari Try Uno dalam kategori The Most Favorite School Of The Year tahun 2017, (7). Nasional School Quality Award 2017 dari Vena Event Managemen dalam kategori The Best Choice Vocational  School In Quality Education Program tahun 2017 serta penghargaan Tingkat Propinsi Jawa Timur untuk kategori Sekolah SMK Swasta dalam Lomba Kinerja Bursa Kerja Kusus (BKK) terbaik tahun 2018 dari Gubenur Jawa ( ihwn)

Post a Comment

0 Comments