RSUD Lawang 2019 Mendapat Bintang 4 Menuju Paripurna - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, March 18, 2019

RSUD Lawang 2019 Mendapat Bintang 4 Menuju Paripurna



Malang,  Radar MP - Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal ini Rsud Lawang patut berbangga hati dengan adanya hasil dari Akreditasi Rumah Sakit, yang mana setelah melalui proses perjuangan panjang dengan pembenahan disana sini dan pada ahirnya TIM Akreditasi RS memberikan penghargaan berupa (Bintang empat) ⭐⭐⭐⭐.

Menurut drg.Arbani Mukti Wibowo selaku Plt.Direktur RSUD Lawang sewaktu ditemui awak media (18/3) " apa yang dicapai RS sekarang merupakan hasil dari kerjasama semua pihak, mulai dari pihak Management, Karyawan, Dokter, Perawat dan lain-lain unsur di RSUD ".

"Karena kalau dilihat dari persyaratan Akreditasi itu sendiri, ada 16 BAB yang harus dipenuhi sebuah Rumah Sakit serta terdokumentasi dengan baik juga harus diimplementasikan sesuai dokumentasi yang ada agar bisa dinyatakan sebagai RS yang sesuai standart dari Kementrian Kesehatan".

"Dan dari beberapa poin tersebut, diantaranya adalah ; Mengenai pola tata kelola Rumah Sakit, Proses perencanaan Rumah Sakit, pembuatan SPO (standart prosedur oprasional) seperti bagaimana memberikan pelayanan pada pasien Rawat Jalan, pelayanan Rawat Inap, SPO ICU, SPO Operasi dan lain-lain ".

Selain itu, " juga dilakukan Evaluasi oleh Komite Rumah Sakit yang bertugas untuk mengawasi secara periodik agar SPO tetap dilaksanakan oleh semua Unit yang ada di RSUD Lawang dan untuk audit internal sendiri dilaksanakan oleh Komite Medik, Komite Keperawatan, Komite Mutu, Komite PPRA, Komite PPI ".

"Adapun akreditasi tersebut bisa untuk menjaga mutu pelayanan Rumah Sakit, karena mulai dari input hingga output dibuat standart sesuai permenkes, jadi agar mendapatkan output yang baik perlu proses yakni dengan akreditasi. SPO ini, selain bisa menjaga mutu pelayanan RS juga Efektifitas pelayanan dalam pengelolaan sebuah Rumah Sakit diharapkan dapat tercapai".

" Agar kunjungan ke RSUD Lawang terus meningkat, dari tahun ke tahun. Saya akan tingkatkan input dari sisi fisik seperti gedung, sarana penunjang lain, kesiapan sarana Alkes dalam hal pemeliharaan atau kalibrasinya.
Dari segi SDM dokter kita tingkatkan bantuan untuk kegiatan seperti seminar-seminar dengan tujuan supaya mereka tidak ketinggalan ilmu teknologi tentang kedokteran itu sendiri".

" Sedangkan bagi perawat juga kita tingkatkan kompetensi profesional keperawatan. bagi management kita tingkatkan dan kita ikutkan kursus-kursus, workshop-workshop tentang akreditasi. Dan buat seluruh karyawan akan kita coba untuk mereviuw ulang terkait penempatan sesuai kompetensinya. Kita akan tingkatkan juga EQ kemauan terkait pelayanan yang harus dilakukan juga peningkatan kemampuan per individu".

Lebih jauh, " kalau melihat dan menganalisa dari jumlah dokter spesialis untuk Rumah Sakit tipe C, kita sudah cukup dan bisa dibilang mendekati Rumah Sakit tipe B. Kedepan akan kita tingkatkan RSUD Lawang agar menjadi RS dengan tipe B, juga akan kita tingkatkan kesejahteraan semua karyawan dengan cara kita kerjasama dengan pihak-pihak asuransi selain dari BPJS ". Pungkas drg.Arbani MW (Ich)