Segudang Prestasi di MAN 1 Malang tahun 2018 - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Friday, March 8, 2019

Segudang Prestasi di MAN 1 Malang tahun 2018



Malang , Radar MP - MAN 1 Malang yang beralamat di jalan raya putat lor Kec.Gondang Legi Kabupaten Malang atau sebelumnya di kenal dengan Nama MANDAGI, saat ini terus melakukan pembenahan untuk meningkatkan Sdm dengan mencetak lulusan yang berkwalitas serta siap bersaing di era millenial ini.

Itu terlihat dari beberapa prestasi,  baik Akademik maupun Non akademik yang terus diraih oleh siswa-siswi MAN 1 Malang. Sebut saja tahun 2018, MAN 1 Malang meraih kategori juara dalam beberapa event tingkat Kabupaten, Propinsi Jawa Timur hingga Nasional.

Menurut Dr.H.Khairul Anam,M.Ag saat ditemui awak media (8/3/19) " Seperti halnya pada Kompetisi Sekolah yang diselenggarakan oleh salah satu penerbit koran di malang (29/10/18 - 1/11/18) bertempat di gedung Graha Cakrawala UM,  MAN 1 Malang menyabet 4 tropi ; yakni juara 1 Idol Competition atas nama Indah Puspitasari, 2. Juara harapan 1 mading 3D atas nama tim 12 menit, 3. Juara jarapan 1 Jurnalis atas nama Halimatus sa'diyah, 4. Juara harapan III Fotografi atas nama Presiden Veril Bramasta".

(31/10/18 - 2/11/18) " MAN 1 Malang juga berhasil meraih juara 1 dalam Mading 3D Kemah festifal Seni dan Uks yang diselenggarakan oleh kantor Kemenag Jawa Timur, diikuti oleh peserta dari Madrasah tsanawiyah dan Madrasah Aliyah se Jawa Timur dengan mengambil Tema " Anti Penyalahgunaan Narkoba dan Radikalisme ".

" Selain itu, MAN 1 Malang juga mengukir sebagai juara umum kelompok junior dalam kejuaraan Kempo Jatim antar pelajar yang digelar di Gor Merdeka Jombang (3 -4 /11/2018) dengan membawa pulang 6 Medali Emas, 8 Perak, 7 Perunggu.
Adapun Dojo MAN 1 Malang terbagi ;Kyu putra-putri, Embu pasangan campuran, Embu beregu, Embu pasangan Kyu putra-putri, Randori putri kelas 43,45,49,55 dan Randori putra kelas 49 serta 55".ucapnya.

Masih menurut Kepala Madrasah melalui Lukman Hadi "bukan pertama kalinya Tim Kempo MAN 1 Malang meraih juara, ini semua juga berkat usaha keras anak-anak. Kini Tim Kempo tidak cuma berhasil mempertahankan juaranya, tetapi juga telah berhasil memunculkan juara-juara Dojo baru serta diraihnya juara umum". Terangnya.

Lebih jauh, Tambah H.Khairul Anam " siswa-siswi kami juga sangat membanggakan dalam kompetisi Robotics dan bagi siswa MAN 1 Malang, ektrakurikuler robotik bukanlah suatu hal yang asing dan mustahil untuk dipelajari saat ikut bersaing pada ajang perlombaan.

Seperti pada kompetisi Robotics 2018 yang digelar di Jakarta oleh Kementerian Agama Republik Indonesia 3-4 November kemarin,  MAN 1 Malang mengirimkan delegasi siswanya dalam kompetisi tersebut setelah sebelumnya lolos pada seleksi proposal serta video perakitan.

Kompetisi Robotics 2018 diambil 75 kategori juara dari 100 tim yang ada. Masing-masing tim akan memperebutkan juara perkategori dari dua jenis perlombaan yang ada, yakni  rancang bangun mesin otomatis penaggulangan bencana dan rescue robot mobile.

MAN 1 Malang yang ikut andil dalam kompetisi ini memilih kategori rancang bangun bangun  otomatis penanggulangan bencana. Dalam kategori ini  siswa MAN 1 Malang merancang penanggulangan  bencana kebakaran pada kebun binatang. save the zoo adalah judul karya yang lombakan, kerja keras mereka dalam merancang mesin bangun otomatis ini membuahkan hasil dan meraih JUARA 2 TINGKAT NASIONAL. Tak hanya itu, tim robotik MAN 1 Malang juga berhasil menyandang “The Best Original Idea” karena keaslian pada robot yang mereka rancang belum pernah digunakan oleh siapapun sekaligus pencetus karya pertama dalam desain ini.

Prestasi robotik tersebut merupakan bukti bahwa MAN 1 Malang berhasil menunjukan jati diri madrasah yang mampu mengintegrasikan ilmu agama dan IPTEK dalam menghantarkan prestasi siswa. Pungkas H.Kharul Anam. (Ich)