Tidak Berpotensi Tsunami,Gempa Bumi Tektonik Magnitude 3,5 Guncang Kabupaten Nganjuk ,Jawa Timur.



Nganjuk,Radar MP. Gempa bumi tektonik guncang wilayah Kabupaten Nganjuk.Selasa,19 /03/2019, sekitar pukul 17.34.52 WIB.

 Menurut hasil analisis BMKG yang  disampaikan oleh  Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogjakarta,Dr.I Nyoman Sukanta,S.Si,M.T.,  menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan Magnitude (M)=3,5 ,"paparnya.

Informasi yang dihimpun oleh awak media online dan cetak Radar MP bahwa Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,87 LS dan 111,93 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km barat daya kota Kediri,Jawa Timur pada kedalaman 5 km.

Lebih lanjut Sukanta menjelaskan di kantornya,"memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal,"ungkap putra bali ini.

Menurut salah seorang warga Kepel,Santoso menyampaikan,"Guncangan gempabumi saya rasakan di daerah Sawahan,termasuk juga Ngetos dan Loceret ,"ungkapnya.

Diketahui,gempa bumi tersebut dalam skala intensitas I-II MMI, Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Diperkirakan sekitar pukul 18.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

 Diakhir penjelasannya Sukanta menyampaikan Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(siwi/red)

Post a Comment

0 Comments