Peringatan Nuzulul Quran : Yusuf Mansur Ajak Jamaahnya Untuk Lebih Tingkatkan Ketaqwaan Dengan Memperbanyak Baca Quran.




Banyuwangi , RadarMerahputih. Com  -Dalam Rangka Peringatan Nuzulul Quran yang digelar Pemkab Banyuwangi dihadiri Ustaz Yusuf Mansur. Dalam acara memperingati turunnya kitab suci Umat Islam itu, Yusuf Mansur ajak masyarakat Banyuwangi rajin mempelajari Alquran.

"Di peringatan ini saya ingin mengajak semua untuk menaikkan lagi to the next level dalam berinteraksi dengan Alquran. Tidak hanya membaca ayatnya saja, tapi juga mempelajari dan memahami ayat demi ayatnya," Kata Yusuf Mansur di hadapan ribuan jemaah yang hadir memadati Pendopo Banyuwangi, Sabtu (18/5) malam.

"Ambil buku, ambil pulpen. Baca, kaji, angan-angan, tulis. Pasti akan inspirasi baru yang akan kamu dapatkan," imbuhnya.

Yusuf Mansur lalu mencontohkan dirinya. Sebelum menjadi ulama dan pengusaha, ia mengawalinya dari penghayatan terhadap ayat-ayat Alquran. Pada saat kondisi terpuruk, ia menggali inspirasi dari ayat-ayat Alquran untuk mencari solusinya.


"Sampai saya baca Surat Yusuf, saya angan-angan. Dari sana saya dapat inspirasi. Oh, Nabi Yusuf ini diuji sangat berat. Tapi, dengan bertawakal pada Allah, ia akhirnya sangat sukses. Bahkan, hingga jadi raja," paparnya.

Dari sanalah, kemudian Pengasuh Pesantren Darul Quran itu memutuskan meneladani Nabi Yusuf. "Sampai-sampai saya mengubah nama saya menjadi Yusuf Mansur," ungkapnya.

Ulama berdarah Betawi itu juga mengingatkan untuk tidak mudah putus asa. Mungkin pada mulanya akan kesulitan. Namun, jika diulang secara terus menerus akan ada inspirasi yang bisa dipetik.


"Sekali tidak paham. Kedua kali tidak paham. Ulangi terus. Pasti Allah akan membantu memberikan jawabannya," tegasnya.

Peringatan Nuzulul Quran tersebut dihadiri berbagai elemen masyarakat. Mulai dari ulama, habaib, tokoh ormas Islam, forum pimpinan daerah, PNS, aparat desa dan lapisan masyarakat lainnya. Diawali dengan salat tarawih berjamaah dan dilanjutkan dengan tausiah.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anassengaja mengundang Yusuf Mansur untuk berbagi spirit tentang Alquran. "Jika kita baca Alquran itu akan banyak motivasi yang bisa kita dapatkan. Motivasi untuk terus berinovasi hingga pada soal toleransi. Semua lengkap dalam Quran," kata Bupati Anas usai acara.

Untuk itu, Anas mengharapkan para PNS dan masyarakat Banyuwangi bisa menggali spirit dari kitab suci tersebut. "Kalau spirit itu bisa diraih, saya yakin masyarakat Banyuwangi akan lebih produktif, harmonis dan sejahtera," pungkasnya. ( gito / byno) .

Post a Comment

0 Comments