Bolang Sampah Anak-anak Desa Wonorejo Bersama KKN UM 2019 - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, June 16, 2019

Bolang Sampah Anak-anak Desa Wonorejo Bersama KKN UM 2019



Malang,  radarmerahputih.com -Dimanapun, sampah kerap kali menjadi suatu masalah. Di Desa Wonorejo sendiri bisa dikatakan desa yang kurang peduli akan kebersihan lingkungan.

Hal ini terlihat dengan masih banyaknya masyarakat Desa Wonorejo Kecamatan Singosari yang membuang sampah disembarang tempat.

Masih banyak dijumpai perilaku masyarakat yang tetap saja membuang sampah di sembarang tempat seperti di pinggir jalan, sungai,  selokan, jurang dan di sudut tempat yang bukan semestinya.

Masalah ini tidak dapat disepelekan, sebab anak-anak kita pastinya akan meniru perilaku yang dilakukan oleh orang dewasa.

Beberapa orang dewasa ada yang menganggap memberikan latihan membuang sampah pada anak usia dini adalah sesuatu yang mudah, bahkan menurutnya hal yang sepele. Padahal hal ini sangat penting untuk mengubah pola pikir masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Dengan hadirnya para mahasiswa KKN UM 2019 mengadakan program kerja yang bertemakan "peduli lingkungan"  yang dilaksanakan pada tanggal 26 mei 2019.

Program tersebut mengajarkan pada anak tentang cara membedakan sampah organik dan non-organik serta cara membuang sampah dengan benar. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap hari minggu dengan mengajak anak2 seluruh Desa Wonorejo. Dengan adanya program tersebut akan memberikan kebiasaan baik bagi anak2 untuk membuang sampah pada tempatnya. Dalam menumbuhkan kebiasaan baik ini memang memerlukan kesabaran kita sebagai orang dewasa, dalam memberikan contoh setiap kali  membuang sampah, kita harus memilah dan membuangnya sesuai jenis sampah.

Di desa Wonorejo sendiri juga kurang mendapatkan kepedulian dari pemerintah dimana masih belum ada tempat2 sampah ditempat umum, maka dari itu mahasiswa KKN Universitas Negeri malang berinisiatif memberikan bantuan tempat sampah pada titik2 tertentu di 3 dusun yaitu, dusun blandit, dusun banyol, dusun pusung. hal ini dilakukan agar memberikan kesadaran pada warga masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan Didesa Wonorejo.

Dan secara tidak langsung Kegiatan ini sebagai bentuk beduli/mencintai lingkungan dan melestarikannya. Kalo tidak sejak dini kita ajarkan pada anak kita mau kapan lagi (BM)