Nguri uri Budaya Jawa : Syukuran Atas Terpilihnya Kembali Jarwo Menjadi Kepala Desa Sekaran.



Nganjuk, radarmerahputih.com - Bersyukur atas nikmat yang diberikan Oleh Sang Maha Agung  , merupakan kewajiban kita  sebagai umatnya , dengan bersyukur berbagai macam cara  manusia berbeda beda.

Ribuan warga dari berbagai kalangan memenuhi kediaman  Jarwo kepala Desa Sekaran Kecamatan Loceret  Kabupaten Nganjuk  Sabtu malam (08/06/2019).

Kedatangan mereka dalam rangka nonton bareng pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Kangko  Dwijo dari  Surakarta.

Gelaran seni budaya Jawa tersebut bagian dari hajatan yang di gelar Jarwo  Kades Sekaran sebagai wujud syukur nikmat yang dirasakan  karena  telah dipercaya  oleh warganya untuk menjabat sebagai kepala desa untuk periode ke dua..

Menariknya, yang memainkan pertunjukan wayang merupakan dalang terkenal yakni Ki Dwijo Kangko yang malam itu membawakan lakon Wahyu Purbo Sejati

Masyakarat dan para pamong terlihat kompak , mereka bahu membahu, membantu menyambut juga mengarahkan para tamu malam itu. Sebagian generasi mudanya terlihat mengatur kendaraan yang akan parkir, sedang lainnya turut mengurusi dan membantu berbagai sarana pendukung acara.

"Selain nguri-nguri budaya leluhur, gelaran wayang kulit ini sebagai wujud syukur atas rizki yang telah diberikan Tuhan kepada keluarga kami," kata  Jarwo . (siwi) .


Post a Comment

0 Comments