Antisipasi Kekurangan air bersih 2019, BPBD siagakan Truk Tanki dan Personil - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, July 29, 2019

Antisipasi Kekurangan air bersih 2019, BPBD siagakan Truk Tanki dan Personil




Malang,  Radar Merah Putih.com- (29/7) Menurut Bambang I Kepala BPBD Kabupaten Malang pada awak media "saat ini ada sekitar 9 desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Malang yang bisa berpotensi mengalami bencana kekurangan air bersih, yang diakibatkan oleh kekeringan".

" dari 9 desa tersebut, tersebar di 7 kecamatan, yakni Kec Singosari- ds Wonorejo, Kec Donomulyo- ds purwodadi, ds sumber roto, Kec Jabung- ds Jabung,ds Kemiri, Kec Sumbermanjing- ds Sumber agung, Kec Kalipare- ds Kalirejo, Kec Lawang- ds Sidoluhur, Kec Sumber pucung- ds Karang kates".

“Untuk mengantisipasi hal itu, kami siagakan personel dan mobil tangki air bersih milik BPBD, DPKCK, serta milik Perumda Tirta Kanjuruhan. Dengan harapan apabila nantinya ada laporan dari masyarakat terkait krisis air bersih 9 titik desa tersebut, maka tim kami akan turun".

Lebih jauh, Bambang menjelaskan "saat ini kami lebih berfokus pada wilayah Malang Selatan. Dengan pertimbangan wilayah Jabung sudah ada sumur bor bantuan dari dana CSR salah satu perusahaan di Kabupaten Malang.

" Keberadaan sumur bor tersebut dirasa sangat membantu warga masyarakat , dan 10 unit truk tangki air bersih tersebut tetap saya siagakan agar bisa mensuplai air bersih di 7 Kecamatan yang dimaksud ".

" Bencana kekeringan itu mengacu pada tahun 2018, yang mana wilayah Kabupaten Malang ada beberapa titik kerawanan. Jadi menurut kami pada tahun 2019 ,hal itu bisa meningkat hingga 7 kecamatan dengan prediksi 9 desa Sekabupaten Malang".

" Kami berharap mudah-mudahan kemarau tidak terlalu panjang, sehingga mata air atau sumber air bersih cepat pulih kembali ".pungkas Bambang Istiawan. (Ich)