Sosialisasi Desa Padat Karya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air ( P3 - TGAI) . Tahun anggaran 2019. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, July 30, 2019

Sosialisasi Desa Padat Karya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air ( P3 - TGAI) . Tahun anggaran 2019.



Nganjuk,  Radar Merah Putih. Com - Bertempat di kantor Desa Bajulan yang dibawah naungan balai besar wilayah  sungai brantas Kabupaten Nganjuk,  Kementrian  Pekerjaan Umum melalui Dinas PU Perkim Nganjuk,  gelar Sosialisasi yang
Bertema "Padat Karya P3 TGAI " , Rabu ( 30/07/2019) .

Hadir dalam kegiatan sosialisasi
Yudo Prasetyo pendamping masyarakat dinas PU Perkim Propinsi , Kepala Desa Bajulan Lauzi  , Perangkat desa dan sejumlah  warga desa Bajulan.


Lauzi kepala desa  Bajulan, " saya selaku orang yang dipercaya oleh masyarakt Bajulan untuk memimpin desa ini,  saya ucapkan banyak tetimakasih kepada  Dinas PU  Perkim yang telah mempercayakan kelompok Hippa Sumber Rejeki untuk menerima bantuan program P3 PTGAI dari kementrian PU  ," kata Lauzi.

Dalam sosialisasi tersebut dengan tujuan "untuk menunjang kedaulatan ekonomi desa, seperti dana dana lainya tetapi ini dikususkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa Bajulan ini, " kata Yudo  selaku narasumber.

Menurutnya, " tidak semua desa mendapatkan alokasi bantuan melalui desa dengan program P3 PTGAI. " jelasnya.

Program ini swakelola  dengan teknis pekerjaan harus dikerjakan secara swakelola dan memberdayakan masyarakat sekitar. 

Dari program tersebut yang akan diterima okeh Hippa Sumber Rejeki senilai 195 juta. 
Dari anggran tersenut  177xxx untuk fisik, dari keseluruhan anggran 4 % untuk PPN dan  5% untuk Operasional kegiatan tersebut.

Yudo menambahkan  bahwa Kelompok Hippa yang mendapat  bantuan program ini, hanya untuk Kelompok Hippa yang sudah mempunyai status jelas dan berbadan hukum.

Untuk desa yang mendapat program P3 desa Bajulan Kecamatan  Loceret dan Desa Kweden Kecamatan Ngetos.

Untuk  yang mendapat bantuan tersebut  ,Hippa yang jaringan irigasi airnya Kurang dari 150

Dari program tersebut diharapkan bisa menambah kesejahteraan masyarakat  agar dalam hal perairan disawah.

Diharapkan dengan bantuan program ini bisa berjalan dengan baik , sehingga dilima tahun kedepan kelompok Hippa Sumber Rejeki ini bisa semakin baik dan maju.

Dengan bantuan program ini saluran irigasi akan dibangun irigasi tersier.  Karena sebelumnya saluran irigasi belum terbangun secara permanen sehingga saat turun hujan akan mudah terjadi banjir karena saluran air yang tidak bisa lancar.

Reporter.   :  Siwi
Editing        : Bayu W.