Wabup Nganjuk , Marhaen Djumadi Kunjungi Posyandu Jiwa di Sumberkepuh. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, July 25, 2019

Wabup Nganjuk , Marhaen Djumadi Kunjungi Posyandu Jiwa di Sumberkepuh.




Nganjuk,  Radar Merah Putih. Com -Posyandu ( pos pelayanan terpadu)   yang lazimnya  untuk balita atau posyandu untuk  lanzia,   namun kali ini di Desa Sumberkepuh Kecamatam Tanjunganom telah menyediakan Posyandu bagi warga yang menderita  penyakit jiwa , di Posyandu ini tidak hanya untuk melayani pemeriksaan anak anak ataupun lanzia ( sehat jasmani / rokhani ) , namun juga untuk melayani pemeriksaan dan pengobatan  warga yang terkena gangguan kejiwaan



Dalam kunjunganya ,  laki laki no 2 di Nganjuk ini merasa  senang,  haru dan iba melihat mereka yang menderita gangguan jiwa,  senang karena bisa melihat secara langsung dan menerima keluhan masyarakat kecil .

" di Posyandu jiwa ini yang di layani  untuk kesehatan bukan hanya mereka yang sehat  jasmani maupun rokhani saja,  namun mereka yang menderita gangguan jiwa pun di layani dan diberi obat yang berkait dengan ketenangan dan konsentrasi,  " kata Marhaen  dalam kunjunganya siang ini.

Yang diurusi tidak yang sehat saja nggih, tapi yang sakit jiwa, sekaligus, memberi penguatan pada kader kader yang mengurusi orang yang sakit jiwa.

Dalam kunjunganya Kang Marhaen ditemani  dokter oleh Arief kepala Puskesmas dan mas Angga perawat khusus gangguan jiwa ,  menurut mas angga di kecamatan Tanjunganom ada 148 jiwa, prosentase banyak dari Sumberkepuh, di puskesmas pembantu ini mereka diajari mandiri, menata baju, merias, dan juga diberi obat, karena sering kambuh karena nggak minum obat lama, banyak merenung, atau melihat orang yang mereka benci.
Dengan kunjungan dan penguatan kepada kader,  kepala desa maupun petugas puskesmas ini bermanfaat dan barokah ...aminn..



Reporter.  :  siwi.