Dana Desa Girirejo Anggarkan Bedah Rumah Layak Huni Untuk Warganya - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, August 22, 2019

Dana Desa Girirejo Anggarkan Bedah Rumah Layak Huni Untuk Warganya



Rumah ibu Saminten penetima bedah rumah yang sudah direhab 

Nganjuk,Radar Merah Putih. Com - Desa Girirejo Kecamatan Bagor,  Kabupaten Nganjuk manfaatkan peruntukannya  berupa  bedah rumah layak huni  dari Anggaran Dana Desa Tahun anggaran 2018 yang realisasi pelaksanaanya Tahun  2019 sebagaimana yang telah tertuang dalam  RPJM-Des.

Menurut Eko Sumaryanto, Kepala Desa Girirejo saat ditemui awak media  dikantornya,membenarkan bahwa,dari sepuluh rumah tersebut hingga saat ini sudah hampir rampung mengerjaan  perbaikan rumah melalui program desa berupa bedah rumah layak huni ,"ungkapnya. Kamis ( 22/08/2019).

Dalam keterangannya,Kades menyampaikan bahwa program bedah rumah layak huni adalah kelanjutan program lama yang sudah berjalan, saat kepala desa yang lama,  dan hingga saat ini program tersebut terus berlanjut sesuai kebutuhannya.

Masing masing rumah dianggarkan bantuannya senilai Rp10.000.000-( sepuluh juta rupiah).Mereka  tinggal menerima barang ( material)sesuai kebutuhan masing masing rumah,  mengingat luasan rumah tidak sama dan bagi mereka yang tidak mampu mengerjakan rehab rumahnya sendiri,mereka tinggal menerima bersih , pekerja  dari swadaya sekitar  bersama  pihak desa ( terima rumah jadi) namun yang  bisa mengerjakan sendiri pihak desa menyerahkan keuangan secara utuh 10 juta ,dan pihak desa hanya memantau saja.
Rumah ibu Mainem yang sudah direhab 


Di tempat terpisah ,saat awak media menemui Saminten  salah seorang penerima bantuan bedah rumah layak huni,bersama keluarganya mengucapkan banyak  terimakasih kepada Pemerintah Desa Girirejo yang telah peduli dan memberi bantuan untuk perbaikan rumah.

 Tidak hanya ibu Saminten yang ditemui oleh awak media,Ibu Mainem pun sebagai penerima bantuan bedah rumah layak huni,  bersama keluarganya sangat senang  dan berterimakasih telah dibantu, sehingga ia bersama anak cucunya bisa menempati rumah layak huni , rumah yang sebelumnya tidak layak  dan sekarang menjadi rumah layak huni.

Kades Eko berharap dengan program bedah rumah ini bisa berlanjut , sehingga semua warganya bisa menikmati program tersebut,  dan tidak ada lagi rumah warga yang tidak layak huni.

Sekedar diketahui bahwa Dana Desa tahun 2019 ini selain untuk bedah rumah juga untuk pembangunan pagar polindes,gorong gorong , pavingisasi juga , drainase irigasi di dusun Pandean dan drainase di dusun Pilangbangu.(siwi / red).