Meriahkan HUT RI Ke 74,Kades Supadi Ikut Karnaval Desa - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, August 29, 2019

Meriahkan HUT RI Ke 74,Kades Supadi Ikut Karnaval Desa



 Kediri ,Radar Merah Putih.com - Salah satu desa diantara desa yang ada di Kecamatan Tarokan, Kabupaten Kediri Jawa timur dalam rangka peringatan HUT kemerdekaan  RI yang ke -74,yakni Desa Tarokan yang selenggarakan karnaval  diikuti oleh warga desa Tarokan itu sendiri  dimana  masing masing dusun atau  perwakilannya menampilkan corak dan gaya yang berbeda dengan mengambil tema " Panji Galuh",Peserta diberangkatkan langsung oleh Camat Tarokan,Hadi Subagya,SH MH ,Start dari lapangan Tarokan dan finish di MAN.Grogol.kamis 29/08/2019 .

Tema "Panji Galuh " yang disuguhkan kepada warga masyarakat se kecamatan Tarokan dan sekitarnya oleh  Kepala Desa Tarokan ,Supadi yang  didampingi sang Istri,Yatirah memiliki makna yang dalam ,Mereka  mengenakan baju kebesaran kerajaan kediri sebagai bukti kecintaannya pada sejarah peninggalannya.

Menurut Kepala Desa Tarokan ,Supadi saat ditanya awak media ini menceritakan bahwa Panji merupakan cerita yang berasal dari Jawa periode klasik, tepatnya dari era Kerajaan Kadiri,"paparnya.

Menurut Supadi Panji Galuh bercerita mengenai kepahlawanan dan cinta yang berpusat pada dua orang tokoh utamanya, yaitu Raden Inu Kertapati atau Panji Asmarabangun dan Dewi Sekartaji atau Galuh Candrakirana,"ungkapnya sambil tersenyum.

 Peserta karnaval memakai kostum bercorak kerajaan bagian daripada tema.yang diambil oleh kepala.desa Supadi juga pakaian adat yang ada di Nusantara.


Iring iringan peserta karnaval sepanjang jalan itu ditonton ribuan  warga yang datang lebih awal menunggu di tepi jalan dan juga rumah warga untuk mencari tempat  berteduh.
Kemeriahan karnaval tampak menarik saat Kepala Desa Tarokan ,Supadi berbaur dengan warganya untuk memberi semangat pada peserta karnaval tersebut.(siwi)