" Antisipasi Datang Musim Hujan Kades Ngelang Membangun Drainase " - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, September 22, 2019

" Antisipasi Datang Musim Hujan Kades Ngelang Membangun Drainase "



Magetan,  Radar Merah Putih .com - Permasalahan banjir yang terjadi di setiap musim penghujan hampir sering dialami di semua wilayah kecamatan kartoharjo yang dekat dengan anak sunga madiun.
Sebab hal ini dikarenakan permasalahan saluran irigasi yang tidak lancar di mana saluran drainase yang tidak berfungsi normal.
 
Terkait permasalahan banjir kecamatan yang dekat aliran sungai anak kali Madiun rawan terjadinya banjir. Hal itu dikarenakan saluran sungai banyak yang mengalami sedimentasi atau pendangkalan akibat timbunan material dan juga tumpukan sampah yang menyumbat aliran sungai.
 
Untuk mengantisipasi permasalahan banjir yang terjadi di musim hujan maka PEMDES NGELANG kecamataman Kartoharjo kabupaten magetan memfokuskan program Dana Desa 2019 untuk pembangunan drainase yang bertujuan mengantisipasi datangnya musim hujan, hal ini dilaksanakan ketika musim hujan Desa Ngelang sering terjadi banjir,akibat luapan sungai .

Untuk mengantisipasi hal itu Pemdes ngelang membangun drainase di lingkungan Rt 09,Rt 10,Rt 11 Rw 04.Banjir yang dapat menggenangi permukiman warga desa dan jalan utama yang mengganggu arus transportasi warga.
 
 Program drainase dilakukan atas dasar aspirasi dan keinginan warga masyarakat yang disetujui oleh lembaga desa yang telah di sahkan dalam Musrenbangdes.
Untuk usulan dan aspirasi warga yang lain akan di penuhi secara bertahap karena menyesuaikan anggaran. Untuk program drainase ini diambilkan dari DD tahap 2 dan 3 dengan anggaran Rp. 300.000.000 yang panjangnya 465 Meter dan lebar 120 cm.
 
Program drainase ini dinlaksanakan oleh TPK yang terdiri dari orang lembaga tokoh masyarakat , Sarjono pun ikut terjun langsung memgawasi jalannya pembangunan ini.

Kades Ngelang SARJONO ketekia di temui awak media Radar merah putih tanggal 19-09-2019 mengatakan, bahwa setiap program pembangunan desa selalu melibatkan masyrakat dengan mengunakan sistem padat karya." jelas Sarjono.

" sehingga seluruh warga mengetaui secara transparan apa saja kegunaan dana desa di Ngelang ini mas" tegas kades Sarjono kepada Radar Merah Putih.
 
 PEMDES Ngelang mengucapkan terima kasih pada pemerinrah daerah atas program program yang telah di salurkan baik yang bersumber dari APBD maupun APBN yang langsung bersentuhan dann dapat di rasakan oleh masyarakat desa.
 
Diahkir pembicaranya Kades Ngelang, " semoga di tahun mendatang program2 pemerintah tetap berjalan lancar.
Salah satu warga yang ikut bekerja mengatakan," semoga masyrakat desa Ngelang kembali memberikan amanah untuk bapak sarjono menjadi kades lagi..Aamin... . (juned)