Inovasi Desa, Wujudkan Kemandirian Desa Tingkatkan Kesejahteraan Warga. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Thursday, September 26, 2019

Inovasi Desa, Wujudkan Kemandirian Desa Tingkatkan Kesejahteraan Warga.



Nganjuk,  Radar Merah Putih .Com -
Bursa Inovasi Desa (BID) yang diikuti empat kecamatan yakni Kecamatan Nganjuk,  Kecamatan Wilangan , Kecamatan Bagor dan Kecamatan Sukomoro dibuka langsung oleh kepala Dinas PMD Nganjuk Haris Jatmiko Spd. M.Si digedung serbaguna Kelurahan Begadung,  Rabu ( 25/09/2019) .

Berbagai produk inovasi dan UMKM Kelurahan maupun Desa dipamerkan dalam acara tersebut

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko menyampaikan, BID ini menjadi bagian upaya peningkatan kapasitas desa dalam penyerapan anggaran.

Pihaknya berharap, pembangunan kelurahan maupun desa di sektor perekonomian bisa meningkat sehingga kemandirian ekonomi masyarakat meningkat.

“Meningkatkan dan menyatukan lembaga teknis dalam hal membina inovasi yang ada di desa-desa Kabupaten Nganjuk ” ujar dia.

Program Inovasi Desa, dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa yang diorientasikan untuk memenuhi pencapaian target.

Melalui peningkatkan produktivitas perdesaan, bertumpu pada ekonomi lokal kewirausahaan, peningkatan SDM, serta pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan.

“Memberikan pendampingan dan tawaran-tawaran dalam rangka mempercepat perekonomian desa dengan memanfaatkan dana desa,” lanjut dia.

Haris menguraikan  bahwa, " output BID akan dapat menghasilkan sebuah penandatanganan komitmen inovasi yang akan diajukan ," jelasnya.

Ditempat yang sama  Agus Irianto Camat Nganjuk mengucapkan “Selamat datang kepada semua yang hadir di bursa inovasi desa yang dilaksanakan di ruang serbaguna Kelurahan Begadung ini , " kata Agus .

Lanjutnya, " bursa inovasi desa ini  desa diberi kesempatan untuk berinovasi untuk mengembangkan berbeda dan pemerintah hanya melindungi inovasi desa ini sudah berjalan lama dan berkembang pesat contohnya  Mantup Kelurahan Kramat,  produksi  tahu  ini perlu dikembangkan dan dipertahankan ucap Camat Nganjuk,  Rabu (25/09/2019)
(siwi)