"PENDOWO TANI" di Dusun Dawung Banjarsari -Ngajum - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, September 2, 2019

"PENDOWO TANI" di Dusun Dawung Banjarsari -Ngajum





Malang,  Radar Merah Putih.com -Dalam rangka selamatan Dusun Dawung Desa Banjarsari Ngajum (2/9), beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan warga setempat dan pemerintah Desa, dalam hal ini Kepala Desa Banjarsari (Mboto) Hj.Siti Muawana.S.Pd serta unsur muspika juga terlihat hadir.

Adapun keterangan dari Hj.Siti Muawana.S.Pd pada awak media (2/9) "kegiatan yang berlangsung mulai pagi diawali dengan Bari'an (berdoa secara bersama-sama di Punden Dusun Dawung Desa Banjarsari Ngajum) pada pukul 06.00 ,dan setelah itu dilanjutkan dengan mendatangi DAM Kali Gombang Bulus Kelem sekitar pukul 07.30 dan pada pukul 08.30 semua warga yang ikut dalam kegiatan tersebut pergi ke sumber mata air (Sumber Wedus) dengan melaksanakan ritual menyembelih kambing ".

Dan pada siang harinya masih menurut Kepala Desa terpilih Hj.Siti Muawana.S.Pd " sekitar pukul 13.00 hingga selesai sore ada penampilan Kesenian Jaran Kepang dan malamnya akan digelar Wayang Kulit semalam suntuk bersama dalang dari Malang Ki Agus P dengan mengambil judul Pendowo Tani ".

Dengan digelarnya wayang kulit dan semua kegiatan pada hari ini, saya berharap setelah kegiatan bersih desa usai "masyarakat bisa ayem tentrem, Gimah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo, desa aman dan pertanian warga semakin bagus juga hasilnya melimpah. Usaha dari masyarakat sendiri, baik Tani maupun Dagang biar lancar ".harap Hj.St Muawana.

Sedangkan menurut Mbah.Samin salah satu sesepuh Dusun Dawung yang juga sebagai petani waktu di temui awak media ditempat terpisah (2/9) " dalam selamatan dusun saat ini, saya berharap dengan adanya pagelaran wayang kulit nanti malam, membawa dampak yang positive bagi warga masyarakat dusun Dawung kususnya dan Banjarsari umumnya".

Setelah ini, mudah-mudahan tanaman padi dan tebu yang selama dua musim ini  tidak panen gara-gara terserang hama tikus ,bisa minggir hama atau penyakit yang mengganggu tanaman warga Dawung Banjarsari dan berganti dengan hasil panen yang melimpah ". Pungkasnya. (Ich /tm)