HM.Sanusi ; Percepat Desa ODF, 2020 Kabupaten Malang Bebas Stunting - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, October 21, 2019

HM.Sanusi ; Percepat Desa ODF, 2020 Kabupaten Malang Bebas Stunting



Malang,  radar merah putih. Com -Ditandai dengan penekanan layar sentuh LED yang dilakukan Bupati Malang HM Sanusi, halaman parkir belakang kantor Bupati diKepanjen jadi saksi launching cegah stunting diKabupaten Malang 2019. Hadir dalam acara tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dr.RA. Ratih Maharani, para pejabat serta Kepala OPD di Pemerintahan Kabupaten Malang, Camat dan Kepala Desa.

Menurut HM.Sanusi pada awak media (21/10) "Dari 278 desa di Kabupaten Malang, sudah ada 104 desa yang sudah mendeklarasikan diri bebas stunting dan dari 104 desa tersebut telah melakukan pencegahan stunting secara mandiri".

"Saat ini Pemerintah Kabupaten Malang terjun langsung guna menangani masalah stunting yang terjadi. Tentunya Kami turun secara keseluruhan yang diantaranya seperti dari Dinas Kesehatan, BPBD, Camat serta Dinas terkait bersatu dalam menangani masalah stunting ".

"Setelah launching hari ini, Kami akan melakukan pendataan ulang yang apabila ada desa tidak sanggup mengatasi masalah stunting, maka kami akan terjun langsung menangani ".

" CSR dari perusahaan yang ada diKabupaten Malang harus juga berpartisipasi dalam menangani permasalahan stunting. Karena dengan kerjasama berbagai pihak diharapkan hal ini jadi semakin mudah diatasi ".Tegas Bupati

Sedangkan dari Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dr.RA.Ratih Maharani pada (21/10) " semua warga masyarakat dapat mengakses jamban yang telah dibangun, selain itu warga agar membiasakan diri BAB dijamban yang sehat. Dengan demikian masyarakat mendapat akses sanitasi yang baik sehingga dapat menurunkan Stunting".

" Kita mengetahui bahwa BAB sembarangan dapat menyebabkan penularan penyakit, semisal balita yang sakit seperti Diare, makanan yang masuk seharusnya untuk pertumbuhan malah terbuang cuma-cuma dan tubuhnya sibuk memerangi penyakitnya. Sehingga pertumbuhan tubuh balita tersebut tidak tumbub optimal. Maka dari itu, mari kita budayakan Open Defication Free ".terangnya

Gunawan Joko Untoro "program genta baja sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan dukungan juga merupakan komitmen seluruh elemen mulai dari pemerintah Kabupaten Malang, Kecamatan, Pedesaan, Masyarakat dan Pelaku usaha supaya lebih berperan dan peduli dalam pencapaian untuk percepat desa ODF guna meningkatkan kualitas sanitasi linkungan sebagai usaha mencegah kejadian kesakitan akibat lingkungan yang kurang sehat. sehingga hal itu akan menunjang upaya pencegahan Stunting". (Team/ih)