Kering Melanda , Warga Desa Prijek Lamongan Lakukan Solat Isthiqa Minta Hujan - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Saturday, October 12, 2019

Kering Melanda , Warga Desa Prijek Lamongan Lakukan Solat Isthiqa Minta Hujan




Lamongan,  Radar Merah Putih.  Com - Pemerintahan Desa Prijek Ngablak bersama ribuan warga menggelar Shalat Istisqa atau shalat minta hujan karena kemarau panjang dan kekeringan yang terjadi di wilayah setempat.

"Ini adalah munajat dan doa masyarakat  Desa Prijek Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan memohon kepada Allah untuk menurunkan hujan yang membawa berkah," ujar Ali Ajib Kepala Desa Prijek usai Shalat istisqa di lapangan,  Minggu ( 13/11/2019) .

Ali,  kepala desa menjelaskan, " Shalat Istisqa merupakan proses yang diajarkan dalam Islam untuk meminta hujan saat dilanda kekeringan, seperti yang terjadi di wilayahnya saat ini ," kata Ali kepada awak media  pagi ini.

Lanjut Ali , selain shalat minta diturunkannya hujan, juga dilakukan doa bersama untuk memohon kepada Tuhan agar seluruh warganya senantiasa diberikan kedamaian.

"Ini menjadi bagian kebersamaan masyarakat, alim ulama,  juga pemerintahan desa Prijek ini  , " jelas Kepala desa.

Di sisi lain, berdasarkan analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatim, kemarau panjang melanda Jatim hingga November 2019.

Pada November mendatang, hujan diprediksi baru akan merata di Jatim dan puncaknya terjadi pada Januari 2020. ( red/ ndro)