Target 2019 Menuntaskan RKAP ; Adm KPH Malang - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, October 29, 2019

Target 2019 Menuntaskan RKAP ; Adm KPH Malang


Adm kph malang 

Malang radar merah putih.com Berawal dari informasi salah seorang ASN di Kabupaten Malang yang minta disave identitasnya pada awak media (11/10) terkait adanya indikasi pencurian kayu di wilayah KPH Malang siang hari .

" Saya sekitar jam 9.15 Wib beristirahat di pinggir jalan (Jls) dekat pantai Bengkung setelah ada acara dari TPA Sendang biru bersama beberapa orang teman ".

" Beberapa saat setelah istirahat itulah saya melihat ada kendaraan tosa roda tiga yang lewat disebelah mobil saya, setelah kurang lebih 1 jam tosa tersebut lewat lagi dengan membawa potongan kayu jati berukuran 3 dan 4 meter sekitar 15 potong. Dan sejauh mata memandang  yang terlihat dikanan saya hanya tanaman kayu Jati di hutan pinggir pantai".

" Setelah kejadian itu, (19/10) saya dengan keluarga pulang dari pantai Balekambang  sekitar jam 16.10 mampir ke warung dekat Per4an Jls arah masuk wisata Balekambang. Mungkin sekitar pukul 16.30-17.00 saya melihat orang dengan tosa yang pernah saya temui (11/10) membawa kayu jati lagi dengan ukuran lebih besar dibanding waktu itu lewat ". Ungkap sumber pada awak media.

Sedangkan dari ADM KPH Malang Hengki Herwanto saat ditemui awak media (29/10)" wilayah perhutani Malang sekitar 90.000 Ha yang terbagi menjadi hutan produksi (HP) dan Hutan Lindung (HL), dan untuk HP sendiri ada beberapa tanaman mulai dari Kayu Pinus,Kayu Jati serta tanaman Rimba Campur seperti Kayu Sono juga ada walaupun jumlahnya  tidak banyak ".

" Dan selama ini kami sudah mengantisipasi agar tidak terjadi pencurian kayu di wilayah KPH Malang. kalaupun hal itu terjadi, setiap penangkapan para pelaku illegal loging, selalu kami limpahkan ke pihak kepolisian agar di proses hukum ".

" Tahun 2019 saya kira tingkat kriminalitas  wilayah KPH Malang menurun drastis dan kalau diakumulasi pencurian kayu tersebut tidak sampai 1%. Lebih jauh karena Hutan Produksi kami banyak Kayu Pinus dan Jati, ya dari jenis itulah yang kadang-kadang dicuri orang ".

Selain itu, pelaku pencurian juga mengincar jenis tanaman sisipan ,yakni tanaman Kayu Sono yang memang saat ini harganya agak tinggi. Terang Hengki Herwanto.

Tambah ADM Malang, " saya berharap untuk ahir tahun 2019 ini dapat menuntaskan RKAP yang diantaranya Produksi Kayu, Getah dan lain-lain.
Target Getah sendiri mencapai sekitar 100 ton lebih dan diharapkan kurang dua bulan lagi tercapai semua juga wilayah KPH Malang semakin kondusif ". (Team/ih)