Work shop PD Perpamsi Jatim ,Seduluran Saklawase - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, October 22, 2019

Work shop PD Perpamsi Jatim ,Seduluran Saklawase




Malang,  radar merah putih.com Dalam Rangka peningkatan kinerja PDAM atau Perumda yang merupakan asosiasi juga menjadi wadah Perusahaan Daerah Air Minum/PERUMDA Air Minum se-Jawa Timur.
Dengan Visi  “ Menjadi PD PERPAMSI Yang Solid dalam Membangun Perusahaan Yang Sehat Dan Profesional” dengan motto “Saduluran Salawase”.

Menurut Ketua PD Perpamsi Jatim H.Syamsul Hadi “ Sasaran Utama PD PERPAMSI Masa Bakti Tahun 2018-2022 adalah Peningkatan Kinerja PDAM se-Jawa Timur. Salah satu strateginya adalah melalui program Kerja Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia. Untuk itu, kami menggelar Workshop Peningkatan Kinerja untuk Direksi dan Pegawai PDAM/PERUMDA se-Jawa Timur, dengan mendatangkan Narasumber dari Perwakilan BPKP Jawa Timur “.

Adapun dasar pelaksanaan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:
Program Kerja Pengurus Daerah Perpamsi Tahun 2019 dan
Nota Kesepahaman antara PD PERPAMSI Jatim dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur Nomor : 01/SKB-PDPERPAMSI JATIM/I/2019 dan Nomor : PRJ-8/PW 13/4/2019

Selain itu, maksud dan tujuan Melalui kegiatan workshop ini, diharapkan PDAM se Jawa Timur:
“ Sudah mampu menyusun strategi peningkatan kinerja secara simultan, berdasarkan parameter Permendagri Nomor 47 tahun 1999 dan parameter BPPSPAM;
Mampu mengevaluasi dan memperbaiki penerapan Sistem Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP),
Memahami dan mampu melaksanakan tata cara pengadaan barang dan jasa oleh PDAM/Perumda, yang tidak dibiayai oleh APBN/APBD, dan
Mampu mengelola aset secara efektif dan efisien dengan menggunakan aplikasi manajemen aset “.

“ Acara Workshop yang bertempat di Atria Hotel & Conference Malang ,mengambil nara sumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur. Selain itu, Peserta Workshop Kinerja ini adalah Direksi dan Pegawai dari 38 PDAM / Perumda Air Minum di Jawa Timur sebanyak 70 peserta “.

" BPPSPAM Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Kinerja PDAM/PERUMDA di Jawa Timur , adalah sebagai berikut :
KATEGORI TAHUN 2017 TAHUN 2018
Sehat 32 32
Kurang Sehat 5 6
Sakit 1 -
Dan berdasarkan hasil audit kinerja BPKP tahun 2019, terdapat peningkatan kinerja. Satu PDAM yang Kurang Sehat, telah masuk dalam kategori Sehat. Sehingga hanya tinggal 5 (lima) PDAM yang masuk dalam kategori Kurang Sehat. Dan perlu kami sampaikan bahwa berdasarkan Buku Kinerja PDAM tahun 2018 pula, terdapat 3 parameter kinerja utama yang juga perlu mendapatkan perhatian khusus dari kita semua, yaitu :

UKURAN KINERJA REALISASI JAWA TIMUR
Cakupan Layanan 42,03 %
Kehilangan Air 28,08 %
Full Cost Recovery 1. FCR 20 PDAM
2. NON FCR    18 PDAM
“ Dan berdasarkan hasil audit kinerja BPKP tahun 2019, terdapat perbaikan pada 14 PDAM yang masih Non FCR. Sehingga hanya tinggal 4 (empat PDAM yang masuk dalam kategori Non FCR (merugi) “.

“ Dalam rangka memberikan jaminan bahwa kompetensi SDM PDAM/Perumda di Jawa Timur telah sesuai dengan standar nasional, hari ini kami akan melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan lembaga sertifikasi yang khusus menangani profesi air minum, yaitu Lembaga Sertifikat Profesi Air Minum Indonesia (LSP AMI), yang secara periodik akan melaksanakan uji kompetensi bersertifikasi nasional terhadap SDM PDAM/PERUMDA di Jawa Timur”.
 


“ Di samping bekerja sama dengan LSP AMI, pada hari ini juga, kami akan melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Lembaga Pendidik dan Pengkaji Pajak (LP3).
Para pakar dari LP3 tersebut secara bertahap akan memberikan edukasi tentang peraturan perpajakan sekaligus pendampingan dalam penyusunan Tax Plan untuk mendukung Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan Daerah Air Minum/Perumda se-Jawa Timur “.

“ Selain itu, sebagai Direktur Utama Perumda Tirkan, saya menyampaikan capaian kinerja Perumda Tirta Kanjuruhan, berdasarkan Hasil Audit KAP tahun 2018 dan target tahun 2019, sbb :
PARAMETER REALISASI 2018 TARGET 2019
PENDAPATAN,   93,5 M 98,6 M
LABA BERSIH 10,9 M 12,0 M
P   6,0 M 6,4 M, PELANGGAN, 120.585 125.797 NRW( ihwn)