Bina Wilayah Toriturial, Kodim 0810 Nganjuk Lakukan Pembinaan Pramuka Dalam Rangka Binter Terpadu di SMK Taruna Bhakti Kertosono. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Tuesday, November 5, 2019

Bina Wilayah Toriturial, Kodim 0810 Nganjuk Lakukan Pembinaan Pramuka Dalam Rangka Binter Terpadu di SMK Taruna Bhakti Kertosono.




Nganjuk,  radar merah putih. Com -Bertempat di halaman gedung SMK Taruna Bhakti  Kertosono,  Kodim 0810  Nganjuk  melalui  Koramil Kertosono  gelar Pembinaan Pramuka dalam rangka Binter Terpadu kepada ratusan siswa  , Jum at ( 2/11/2019).

Dalam mengemban tugas pokoknya sebagai Satuan Komando Kewilayahan Kodim 0810  Nganjuk melaksanakan Pembinaan Teritorial sebagai aplikasi tugas pokok Satuan, salah satu realisasinya  program yang menjadi program Pembinaan Teritorial Terpadu , Pembinaan Pramuka dalam rangka Binter Terpadu di SMK Taruna Bhakti Kertosono.

Dandim  0810 Nganjuk  , Letkol  Kav Joko Wibowo menyebutkan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk membangun komonikasi dua arah. Silaturahmi ini melibatkan unsur TNI, Polri, Pemerintah Kabupaten Nganjuk , warga tokoh masyarakat, tokoh agama,  dan pelajar  sekolah serta komponen masyarakat lainnya.


"Kegiatan Pembinaan Teritorial (Binter) yang merupakan fungsi utama TNI AD dalam rangka mendukung tercapainya tugas pokok yang diimplementasikan melalui pemberdayaan wilayah melalui geografi, demografi dan kondisi sosial untuk menciptakan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh dan sekaligus juga membangun komonikasi dua arah ", ungkap letkol Kav Joko saat diwawancara para awak media.


Letkol  Kav Joko Wibowo menambahkan, melalui kegiatan ini kita juga menginformasikan kepada masyarakat melalui anak anak ini , bahwa kami mempunyai program yaitu merekrut calon prajurit TNI.

"Prioritas utama kita adalah menerima calon prajurit TNI khusnya mereka para  putra daerah " tuturnya.

Dijelaskan,  sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara mempertahankan keutuhan wilayah NKRI berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 ,  serta melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Dengan adanya pembianaan teritorial tidak hanya menjadi tugas satuan tetapi merupakan jati diri dan menjadi nafas setiap prajurit TNI bertugas dalam berinteraksi dengan seluruh komponen bangsa Baik itu dengan aparat pemerintah rakyat dan komponen lainnya.

Perlu diketahui  bahwa dalam giat pembinaan pramuka,  Binter Terpadu yang diselenggarakan di SMK Taruna Bhakti  juga  dengan beberapa materi seperti  Navigasi Kompas ,  baca peta dan yang lebih penting lagi pengenalan anak terhadap kegiatan pramuka , karena kegiatan pramuka ini selain dapat menggembleng anak anak dengan berbagai kegiatan juga memupuk jati diri anak anak itu sendiri , sehingga akan dengan mudah mencari bibit bibit prajurit yang siap membela kedaulatan negara .

Terpisah,  Drs.  Sholihin M.MPd  selaku guru Bimbingan Konseling (BK) SMK Taruna mengungkapkan,  " Selain kegiatan Pembinaan Pramuka dari Kodim 0810/Nganjuk ,  juga diadakan penegakan  ketertiban pada siswa yang intinya menegakkan ketertiban bagi anak anak yang terlambat masuk sekolah juga anak anak yang tidak masuk tanpa surat ijin dari orang tua, " kata Sholihin saat ditemui diruang kerjanya beberapa waktu lalu.

" Selain itu juga kita adakan pembinaan kedisiplinan pada siswa saat melakukan upacara  , dengan tujuan menanamkan rasa disiplin pada siswa, " Ujar nya.

Drs.  Sudjadi , kepala sekolah menambahkan ," saya selaku kepala sekolah secara pribadi maupun kedinasan mengucapkan banyak trimakasih kepada kodim 0810/Nganjuk yang telah  mempercakan kepada sekolah kami untuk ikut dalam program kodim dengan pembinaan teritorial pembinaan pramuka dalam rangka binter terpadu ini,  semoga apa yang menjadi tujuan dari program dan kegiatan tersebut bisa terwujud dan sukses, " ungkap Djadi kepada radar merah putih. ( adv/siwi) .