Diesnatalis ke 51 SMKN 1 Nganjuk, Suguhkan Panen Perdana Tanaman Hidroponik Olahan dari Keahlian Gambar Bangunan. - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Sunday, November 10, 2019

Diesnatalis ke 51 SMKN 1 Nganjuk, Suguhkan Panen Perdana Tanaman Hidroponik Olahan dari Keahlian Gambar Bangunan.



Nganjuk,  radar merah putih.  Com - Bertempat dihalaman sekolah, Sekda Nganjuk  Ir. Agoes Soebagijo yang mewakili Wakil bupati Marhaen Djumadi  yang rencanaya menghadiri  panen perdana tanaman hidroponik di SMKN 1 Nganjuk dalam rangka Diesnatalis ke 51 , namun ada sesuatu hal yang tidak bisa di tinggalkan ( tugas luar kota)  senin ( 11/ 11/2019).

Kali ini  tanaman hidroponik yang siap panen seperti kangkung,  sawi hijau,  brokoli,  lombok,  bayem dll.

Drs. Heru Hertanto M.M.Pd , kepala sekolah saat ditanya usai  panen perdana,  mengungkapkan bahwa, " ini adalah hasil panen perdana,  tanaman hidroponik,  hasil dari tanaman anak anak yang ada di jurusan Gambar Bangunan ( GB) , memang kami sengaja untuk membuat atau menginovasi anak anak GB,  agar  lebih bermanfaat ilmunya , yang mana dengan memanfaatkan  paralon atau media selain tanah dengan ukuran yang sudah ditetapkan ( kolom yang siap ditanami) .

Dalam urainya , Heru menyampaikan bahwa, " tanaman Hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah." jelas Heru kepada radar merah putih.

" Disamping itu Hidroponik menggunakan air yang lebih efisien, jadi cocok diterapkan pada daerah yang memiliki pasokan air yang terbatas."tambah Heru.

Masih menurut  Heru Hertanto bahwa dengan tujuan menanam sayuran diarea non lahan tanah ini,  " dengan memanfaatkan lahan  non tanah karena bumi lahan tanah yang semakin berkurang,  karena bangunan dll , Akhirnya manusia butuh makan biar sehat maka perlu sayur,  solusi dengan lahan terbatas, " jelas Heru.

Di  SMKN 1  Nganjuk ini mendidik siswanya untuk menanam sayuran hidroponik,  dan berharap bisa menjadi motivasi ke masyarakat ( lingkungan anak anak itu sendiri)  .

Lahan dengan 5 x 8 M2. Berawal
Awal dengan Pak Kozin pengusaha sayur sayuran  dari Nganjuk yang sudah kemanca daerah untuk pemasaranya,  bersama guru guru yang membidangi , di SMKN 1 Nganjuk ini  dan menggagas untuk membuat dan menanam sayuran di lahan terbatas ( media non tanah atau paralon) , karena pak kozin membutuhkan dan terjadilah kesepakatan untuk saling berbagi ilmu.  Dan di SMK N 1 Nganjuk ini  untuk mengawali  kita libatkan anak anak yang ada di program kealhian Gambar Bangunan.

Lanjut Heru " Karena pak Kozjin Stakholder dari nganjuk yang sudah punya usaha sayur hidroponik dengan pemasaran di mall yang ada di kediri maupun kota lainya , dan dari SMK N 1 Nganjuk membutuhkan orang yang bisa membimbing anak anak untuk berkreatifitas menanam tanaman hidroponik , maka terjadilah kesepakatan untuk membantu dan saling membantu , " lanjut  Heru.

Pada kesempatan yang sama,  wakil bupati Nganjuk,  Marhaen Djumadi  melalui  via telf menyampaikan, " Kita apresiasi yang setinggi tingginya kepada anak anak SMKN 1 Nganjuk ini , yang telah bethasil  menanam tanaman atau sayuran Hidroponik,  dan saat ini bisa kita nikmati  hasilnya , " jelas Marhaen.

" Ini bisa kita jadikan contoh atau motivasi kepada sekolah lainya,  untuk bisa memanfaatkan lahan kosong yang sempit dengan pola menanam dinon area tanah,  yang artinya bisa menanam di dalam polibek atau paralon , sehingga dengan lahan yang terbatas bisa menampung  ratusan tanaman sayuran, " kata Marhaen


Pantauan dilokasi, diacara Diesnatalis ke 51 ini selain jalan sehat juga bazar dari masing masing kelas atau masing program jurusan yang ada dengan menampilkan kreatifitas juga keahlian yang mereka miliki  , karena momenya Disnalis sehingga disini tampilan untuk  bazar adalah makanan dan minuman.

Pada kesempatan yang sama Sekda menyampaikan,  " tingkatkan kopetensi , keahlian yang kalian miliki juga perilaku yang baik  , kepada guru maupun orang tua dimanapun kalian berada," kata Sekda.

Diketahui dalam lomba jalan sehat ini,  panitia telah menyefiakan hadiah utama  kulkas.  4 buah sepeda gunung,  dan ratusan hadiah hiburan lainya. ( adv / siwi)  .