Direktur Utama RS Kertosono Resmikan Ruang Neonatus ( Perinatologi) - RADAR MERAH PUTIH

Breaking

Monday, November 11, 2019

Direktur Utama RS Kertosono Resmikan Ruang Neonatus ( Perinatologi)




Nganjuk, radar merah putih. Com Mulai di bukanya Ruang Neonatus (perinatologi) di RS Kertosono.  Ruang Neonatus merupakan fasilitas rawat inap yang disediakan khusus untuk pasien bayi baru lahir sampai usia 28 hari yang mempunyai masalah/sakit. Sedangkan untuk bayi baru lahir yang sehat dirawat bersama ibunya (rawat gabung) , senin ( 11/11/2019 .

Peresmian ruang neonatus dilakukan secara langsung oleh Direktur Utama dr. laksmono Pratiknyo S.E .M Kes , dihadiri oleh seluruh managemen , para dokter,  kepala ruang,  kepala instansi,  kabag,  kabid dan tamu undangan lainya.

Peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng dilanjut dengan sambutan dan ramah tamah hingga usai acara.

Dalam sambutanya,  dr. laksmono menyampaikan, " ucapan beribu ribu terimakasih kepada seluruh elemen Rumah Sakit Kertosono,  yang selama ini turut mendukung dan bekerjasama dengan sinergis sehingga pelayanan di RS ini bisa menjadi lebih baik,  dan bisa diandalkan masyarakat, " kata dr. laks pagi ini.

" Diharapkan dengan dibukanya ruang Neonatus ( perinatologi)  ini,  kedepan bisa menjadi pelayanan yang lebih bagus lagi,  dengan penanganan pertama pada bayi yang baru lahir dalam kondisi apapun, "  imbuhnya.

Masih menurut dr Laks  panggilan akrabnya,  ," diketahui bersama bahwa keadaan bayi baru lahir dipengaruhi oleh banyak hal sejak di dalam kandungan ibunya, selama proses persalinan dan setelah kelahiran. Beberapa masalah dapat terjadi pada bayi baru lahir sehingga memerlukan penanganan dan perawatan khusus agar bayi dapat diselamatkan dan mempunyai kualitas hidup yang baik. Oleh karena itu, sejak tanggal 11 Nopember 2019 RSUD Kertosono membuka pelayanan ruang rawat inap perinatologi , " jelas dirut.


Untuk diketahui bersama,  Fasilitas yang disediakan dalam ruang perinatologi disesuaikan dengan kebutuhan perawatan bayi,  mulai dari bayi baru lahir dengan risiko tinggi, bayi dengan kelainan bawaan sampai dengan bayi sakit.

Bicara pada Kriteria bayi-bayi yang membutuhkan perawatan khusus adalah bayi lahir cukup bulan yang mempunyai masalah/kelainan penyerta, bayi lahir kurang bulan (prematur), bayi lahir dari ibu yang mempunyai masalah kesehatan dan bayi dengan Hyperbilirubin atau dengan infeksi neonatus.


Untuk menunjang layanan 24 jam akan didukung oleh Tim Klinik yang terdiri dari dokter spesialis anak, yaitu dr. Rudi Zaki Pahlawan, Sp. A dan dr. Yeni Kusumawati, Sp. A dengan tenaga keperawatan yang terlatih siap melayani serta didukung oleh peralatan medik yang memadai.


Selain itu, untuk membantu ibu bayi mahir dalam merawat bayi, juga memberikan bekal berupa penyuluhan yang berhubungan dengan asuhan keperawatan pada bayi, memberikan pendampingan kepada ibu-ibu yang mempunyai masalah dalam memberikan ASI.


Selama perawatan kami memberikan kesempatan dan dukungan pada ayah dan ibu bayi untuk memberikan support dan rasa nyaman pada bayi, agar bayi cepat sembuh, tumbuh dan berkembang sesuai dengan tahap tumbuh kembangnya. ( siwi)